setelah studi, mereka akan melanjutkan bekerja di pemda
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa menyiapkan beasiswa untuk 10 orang lulusan terbaik, khusus pada bidang hukum di Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan.

Penerima beasiswa akan dibiayai oleh Pemkab Gowa hingga masa pembelajaran selesai.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melalui keterangannya di Makassar, Kamis mengemukakan SDM yang memiliki keahlian di bidang ilmu hukum sangat dibutuhkan terutama di dunia pemerintahan khususnya di Pemerintah Kabupaten Gowa.

"Menjadi penting apabila kita mendorong agar semakin banyak orang yang memiliki latar belakang keilmuan hukum, terutama terkait administrasi negara,” jelas Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Adnan menyebutkan dalam pengambilan suatu kebijakan oleh kepala daerah, harus berlandaskan dengan hukum dan peraturan yang berlaku sehingga penting SDM pemerintahan berlatar belakang keilmuan hukum.

Baca juga: Unhas buka pendaftaran beasiswa KIP Kuliah jalur SNBP dan Ketua OSIS
Baca juga: 349 mahasiswa Unismuh Makassar terima beasiswa KIP

Terkait beasiswa ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Hukum Unhas tentang Program Investasi Sumber Daya Manusia Seperempat Abad.

Adnan mengatakan, kerjasama ini sebagai upaya untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Gowa yang berkualitas dalam Bidang Ilmu Hukum khususnya Administrasi Negara.

“Kerjasama ini tiada lain untuk mempersiapkan SDM yang lebih baik khususnya dalam bidang Ilmu Hukum terkhusus Administrasi Negara,” ujar Adnan.

Adnan berharap SDM Kabupaten Gowa ke depan semakin baik terutama yang memiliki keahlian di bidang hukum sehingga bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah Kabupaten Gowa.

“Kita berharap ke depannya bibit-bibit SDM Gowa memiliki pengetahuan terkait hukum, sehingga ketika melanjutkan karir di dunia pemerintahan bisa selalu berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang tentunya aman dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Baca juga: Lembaga Zakat Lazis Assalam serahkan beasiswa untuk mahasiswa Unhas
Baca juga: Unhas-IZI hadirkan program beasiswa untuk mahasiswa


Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof Hamzah Halim menjelaskan, berdasarkan mandat dari Kemenpan RI, Fakultas Hukum Unhas merupakan satu-satunya Fakultas Hukum di Indonesia yang memiliki program studi hukum administrasi negara.

Bahkan menurut Prof Hamzah Halim Program Studi Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Unhas sudah terakreditasi internasional tingkat regional Asia Tenggara ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), sehingga lulusannya setara dengan lulusan perguruan tinggi yang ada di Asean.

Olehnya itu, Ia berharap lulusan dari program ini nantinya bisa mengabdi di pemerintahan untuk menciptakan sistem birokrasi yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Setelah studi, mereka akan melanjutkan bekerja di pemda, kecamatan, kelurahan, atau desa untuk men-trigger SDM lain guna mewujudkan cita-cita dan program reformasi birokrasi Pemerintahan Gowa,” ungkapnya.

Baca juga: BSI berikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di Unhas
Baca juga: Unhas antusias ikuti program beasiswa Kominfo

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023