Makassar (ANTARA) - Gubernur Maluku Utara K.H. Abd Gani Kasuba melepas keberangkatan ke Tanah Suci jamaah calon haji dari daerah setempat yang tergabung dalam Kloter 13 Ujung Pandang di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Gubernur Gani Kasuba didampingi Kakanwil Kemenag Malut Amar Manaf dan Kabid Pembekalan Jamaah PPIH Embarkasi Makassar, berharap 393 calon haji yang menunaikan ibadah haji itu menjadi haji mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

"Orang-orang yang berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini adalah orang pilihan dan manfaatkan kesempatan dengan baik untuk beribadah dengan khusyuk dan kembali menjadi haji mabrur," ujarnya.

Ia berpesan kepada jamaah calon haji asal daerah tersebut agar menjaga kesehatan dan tidak meninggalkan shalat lima waktu.

Baca juga: Pelukis mulut kaki itu penuhi panggilan berhaji

Ia meminta setiap calon haji menjaga nama baik daerah dan Indonesia melalui sikap, perbuatan, dan adab di negara orang.

"Jangan lupa shalat lima waktu. Kita orang Indonesia, punya adat dan adab. Mari jaga nama daerah dan nama bangsa kita di tanah air orang lain," tuturnya.

Sebanyak 393 calon haji itu setelah menerima paspor dari Imigrasi dan melalui pemeriksaan barang bawaan di x-ray Gapura Angkasa, satu persatu menaiki bus yang khusus mengangkut jamaah calon haji menuju Bandara Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

Rencananya, Kloter 13 Upg diterbangkan dengan pesawat Garuda pada pukul 20.40 Wita dan selanjutnya mengisi bahan bakar di Bandara Kualanamu Medan, Sumut. Diperkirakan mereka tiba di Bandara Madinah pada Sabtu (3/6),  pukul 04.15 Waktu Arab Saudi.

Baca juga: KKHI siapkan enam RS rujukan untuk layani jamaah haji Indonesia
Baca juga: Dinkes: Calon haji gunakan masker, minimalkan penularan virus
Baca juga: Ombudsman Aceh apresiasi embarkasi dalam pelayanan jamaah calon haji

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023