Jakarta (ANTARA) - Microsoft mulai menguji dark mode (mode gelap) pada versi terbaru aplikasi menggambar Microsoft Paint untuk Windows 11.

Perusahaan teknologi itu mengungkapkan penambahan fitur dark mode dua tahun lalu dan saat ini fitur tersebut sedang diuji pada kanal Canary dan Dev untuk program Windows Insider.

Seperti sebagian besar aplikasi pada Windows 11 yang mempunyai fitur mode gelap, Paint akan secara otomatis mengganti tampilannya sesuai dengan tema pada sistem atau bisa diubah secara manual melalui fitur pengaturan pada aplikasi tersebut.

Paint juga akan menghadirkan fitur perbesar (zoom in) dan perkecil (zoom out) gambar dengan ukuran khusus dan fitur yang bisa mengatur zoom gambar sesuai dengan ukuran window Paint dan resolusi.

"Kami juga akan menghadirkan peningkatan pada kontrol zoom (perbesar) untuk memberikan fleksibilitas dan kontrol lebih atas tampilan konten Anda di kanvas," kata manajer produk utama Microsoft, Dave Grochocki, dikutip dari The Verge, Sabtu.

Fitur baru lainnya yang dihadirkan Paint pada Windows 11 antara lain pembaruan tampilan kotak dialog yang disesuaikan dengan tampilan Windows 11 dan peningkatan pada tombol akses dan pintasan keyboard.

Saat ini, versi terbaru Paint tengah diuji pada program Windows Insiders sehingga versi tersebut bisa segera dinikmati semua pengguna Windows 11 dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Microsoft dukung pengembangan talenta digital di Indonesia

Baca juga: Microsoft tingkatkan keamanan layanan cloud untuk perangi "malware"

Baca juga: Microsoft kembangkan chip AI buatan sendiri

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023