Jakarta (ANTARA News) - BlackBerry hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan Unity Technologies untuk mengembangkan tool penyebaran produk add-on Unity bagi perangkat smartphone bersistem operasi BlackBerry 10.

Langkah itu juga sebagai upaya memberdayakan lebih dari 1,5 juta pengembang aplikasi Unity yang bakal mempublikasikan game mereka dalam platform BlackBerry 10.

"Tool-tool penyebaran itu juga akan tersedia untuk tablet BlackBerry PlayBook yang menjalankan OS BlackBerry 10," kata BlackBerry dalam pernyataan yang dirilis di laman resminya, Rabu (WIB).

Add-on merupakan perangkat lunak untuk mendukung platform tertentu agar bisa menjalankan aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga.

Tool penyebaran add-on itu sekarang sedang dikembangkan oleh Unity Technologies bersama BlackBerry dan akan dirilis sebagai pilihan add-on untuk Unity.

"Pengembang-pengembang Unity mempunyai katalog permainan-permainan mobile yang luar biasa, banyak di antaranya memenangkan penghargaan. Kami sangat gembira untuk menawarkan akses mudah bagi pengembang Unity ke platform baru BlackBerry 10 yang kuat dan kaya," kata David Helgason, CEO Unity Technologies.

BlackBerry menyatakan akan menyediakan perangkat-perangkat BlackBerry 10 kepada komunitas Unity untuk pengujian dalam pembuatan games.

Unity dan BlackBerry juga akan mengadakan temu pengembang di Eropa dan Amerika Utara dengan detil acara akan diumumkan segera melalui blog pengembang BlackBerry.

"Segera, pengembang Unity akan dapat menggunakan tool penyebaran dengan cepat dan mudah menawarkan permainan mereka kepada pelanggan BlackBerry," kata wakil presiden hubungan pengembang dan ekosistem BlackBerry, Alec Saunders.

Sebuah versi beta add-on Unity akan tersedia terbatas bagi sejumlah pengembang pada musim semi mendatang. Unity mengharapkan rilis final perangkat lunak itu akan tersedia pada musim panas tahun ini.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013