Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 367 calon haji asal Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru kloter 13 EHA dengan empat petugas kloter dan dua  petugas daerah diberangkatkan ke embarkasi Batam.

"Untuk selanjutnya 367 calon haji itu berangkat menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah Minggu (4/6)," kata Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau H. Mahyudin di Pekanbaru, Minggu.

Baca juga: 370 calon haji Riau tiba dengan selamat di Madinah

Ia mengatakan hingga saat ini sudah 4.815 calon haji Riau yang berangkat melalui Embarkasi Haji Antara Riau ke embarkasi Batam dari kuota awal 5.047 calon haji. Riau mendapatkan tambahan sebanyak 44 calon haji yang sekarang dalam proses.

Menurut Mahyudin, jamaah calon haji Riau 1444 H/2023 M terbang dalam 13 kloter penuh dan 1 kloter gabungan.

"367 calon haji Riau tersebut berangkat dengan dua kali penerbangan menggunakan pesawat Lion Air menuju Batam," katanya.

Selanjutnya, kata Mahyudin, mereka diberangkatkan ke Madinah dengan penerbangan Saudia Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5099 pada pukul 20.00 WIB.

Saat ini kondisi cuaca di Mekah cukup panas, sehingga jamaah calon haji harus bisa menjaga kesehatan dengan baik. Banyak meminum air putih, istirahat cukup supaya imunitas tinggi, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), gunakan masker.

"Kalau di panas terik matahari, jamaah calon haji bisa menggunakan payung dan membasahi wajah menggunakan handuk basah atau semprotan air," kata Mahyudin.

Baca juga: Pemrov Riau lepas 370 calon haji ke Madinah

Baca juga: Jamaah calon haji Riau mulai masuk asrama 23 Mei


Sementara itu, jamaah calon haji termuda dalam kloter ini atas nama Marnidawati Binti Udrus Kille (24) asal Indragiri Hilir dan tertua Paranai Bin Matutu Daeng Masese (91) asal Indragiri Hilir.

Jemaah calon haji kloter BTH-16 atau EHA-13 ini direncanakan kembali ke Tanah Air dengan penerbangan Saudi Arabian AirLines dengan nomor penerbangan SV 5268 pada tanggal 16 Juli 2023 jam 08.00 WIB sampai di Batam. Selanjutnya diterbangkan ke Pekanbaru dengan dua kali penerbangan. 
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023