calon jamaah haji reguler Riau 5.047 orang yang akan diberangkatkan pada tahun 2023 mengikuti perjalanan haji tahun 1.444 H/ 2023 M melalui embarkasi haji Batam.
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat  Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur mengatakan jamaah calon haji asal provinsi itu mulai masuk asrama Embarkasikasi Haji Antara (EHA) Riau pada 23 Mei 2023 untuk mendapatkan kelengkapan dan menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Selajutnya JCH asal Provinsi Riau tahun 2023 akan diterbangkan dalam 13 kloter penuh dan 1 kloter gabungan pada 24 Mei 2023," kata Zulkifli Syukur di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan sebelum JCH masuk asrama EHA terlebih dahulu akan menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan, seperti tes urine, dan lain-lain.

Berikutnya JCH akan dilakukan pemasangan gelang identitas sebagai jemaah Indonesia. Termasuk paspor dan visa, living cost, serta pembinaan manasik haji sebelum keberangkatan.

"Pada 24 Mei pagi jamaah akan diberangkatkan ke Embarkasi Haji Batam menggunakan pesawat yang disewa oleh Pemprov Riau. Nanti Insya Allah keberangkatan perdana JCH Riau akan dilepas langsung oleh Pak Gubernur, dan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag)," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau Mahyudin mengatakan bahwa haji tahun ini ditiadakan pendampingan Mahram.

Ia menyebutkan calon jamaah haji reguler Riau 5.047 orang yang akan diberangkatkan pada tahun 2023 mengikuti perjalanan haji tahun 1.444 H/ 2023 M melalui embarkasi haji Batam.

"Tahun 2023 jamaah haji reguler Riau yang sudah berhasil diverifikasi dan berhak berangkat berjumlah 5.047 terdiri dari 4.795 berdasar urutan porsi dan 252 jemaah prioritas lansia," demikian Mahyudin.
Baca juga: Kemenag: Calon jamaah haji tidak didampingi mahram lagi
Baca juga: Riau dapat kuota tambahan 183 calon haji
Baca juga: Kemenag Riau matangkan persiapan keberangkatan jamaah haji

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023