Harapan dari Bapak Gubernur untuk selalu menjaga kekompakan dan menjalin silaturahmi, serta saling mengingatkan agar terhindar dari masalah di Tanah Suci,
Palu (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir mengingatkan kepada jamaah calon haji (JCH) daerah itu agar selalu menjaga kekompakan saat menjalani ibadah haji di Tanah Suci Mekah dan Madinah, Arab Saudi.
 
"Harapan dari Bapak Gubernur untuk selalu menjaga kekompakan dan menjalin silaturahmi, serta saling mengingatkan agar terhindar dari masalah di Tanah Suci," katanya saat melepas JCH Sulawesi Tengah kelompok terbang (kloter) 1 di Asrama Haji Transit Palu, Senin (5/6) 2023 malam.
 
Ia meminta kepada seluruh JCH agar menaati semua peraturan di sana dan mengikuti bimbingan petugas haji agar semua proses pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan tertib.
 
Wagub juga berpesan kepada para petugas haji untuk membantu serta mendampingi para JCH dengan baik.
 
Dalam kesempatan itu, Wagub Ma'mun Amir juga melepas sebanyak 360 JCH yang tergabung dalam kloter 9 Embarkasi Balikpapan, Kaltim, yang berasal dari Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Banggai.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng Ulyas Taha mengatakan, kuota JCH Sulawesi Tengah secara keseluruhan berjumlah 1.993 orang.
 
"Kuota haji secara keseluruhan sebanyak 1.993 yang terdiri atas 1.870 jamaah reguler, 100 orang jamaah prioritas lanjut usia (lansia), 18 orang petugas haji daerah (PHD), lima orang petugas kloter," katanya.

Adapun yang tergabung dalam kloter sembilan Embarkasi Balikpapan, kata dia, terdiri atas 177 JCH dari Kabupaten Parimo dan dan 183 orang dari Kabupaten Banggai.
 
Ia mengatakan JCH kloter 9 Embarkasi Balikpapan akan diterbangkan menuju Asrama Haji Balikpapan pada Selasa (6/7) yang akan terbagi dalam dua penerbangan.
 
Setelah itu pada Rabu (7/6), JCHi kloter 9 akan diberangkatkan ke Madinah. Sementara itu, jamaah calon haji Sulteng yang diberangkatkan, terbagi ke dalam tujuh kloter penuh serta satu kloter gabungan.
 
Diharapkan agar para jamaah dapat menjaga kesehatan agar proses ibadah di Tanah Suci dapat berjalan dengan khusyuk dan lancar, demikian Ulyas Taha.

Baca juga: 21 calon haji Sulteng tunda keberangkatan meski sudah bayar Bipih

Baca juga: Gubernur ingatkan JCH Sulteng jaga silaturahim di Tanah Suci

Baca juga: Kemenag: Pemkab Parigi bantu biaya transportasi haji Rp85 juta

Baca juga: 27 calon haji dari Morowali Utara dilepas menuju Tanah Suci

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023