Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Yura Yunita mengajak para penggemar serta pengikut (followers) di media sosial untuk menentang standar kecantikan (beauty standard) setelah dirinya mendapat pengalaman negatif terkait komentar miring warganet karena tampilan ketiak yang tidak mulus.

"Rasa geli, gemas, bercampur jadi satu. Tapi karena aku selalu terbuka menerima dan mengakui segala ketidaksempurnaan yang ada pada diriku, justru pengalaman ini jadi kesempatan untuk mengajak followers-ku menentang beauty standard yang semu, merasa nyaman dengan diri sendiri, dan terus berproses menjadi versi terbaik dari diri mereka," kata Yura dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa.

Ketika individu mengejar kesempurnaan, menurut Yura, hal tersebut tidak akan pernah ada habisnya. Yang terpenting, imbuh dia, bukanlah seberapa sempurna individu melainkan seberapa individu mengenal dan menerima diri sendiri serta merayakan segala kelebihan ataupun kekurangan yang dimiliki.

Baca juga: Yura Yunita ungkap alasan selalu pakai kebaya dan bunga di kepala

"Tapi sayangnya, masih banyak orang yang ternyata belum sependapat. Baru-baru ini, salah satu video yang aku upload di social media mendapatkan banyak komentar miring karena tampilan ketiakku," ujar dia.

Berangkat dari pengalaman tersebut yang juga kerap menjadi kegelisahan bagi perempuan lainnya, Dove Deodorant dari Unilever Indonesia menggandeng Yura sebagai brand ambassador untuk menyebarluaskan pesan positif terkait kondisi ketiak yang dimiliki perempuan.

"Aku dan Dove Deodorant akan mengajak perempuan Indonesia menyadari bahwa tidak ada ketiak yang sempurna," ujar pelantun lagu "Tutur Batin" itu.

Menurut dia, setiap ketiak pada perempuan memiliki kondisi yang berbeda-beda namun sama-sama "sempurna" asalkan tetap sehat ketika terawat dengan baik. Yura percaya bahwa ketiak yang terawat akan menjadi sumber kepercayaan diri yang membantu perempuan meraih apapun yang diinginkan dalam hidup.

Baca juga: Yura Yunita ajak fans bagi rasa dan air mata di konser Tutur Batin

Selain menggandeng Yura sebagai brand ambassador, Dove Deodorant juga meluncurkan kampanye #KetiakmuBerarti untuk memberikan perspektif baru mengenai makna dan kecantikan ketiak yang sesungguhnya.

Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia Mahnessa Siregar mengatakan bahwa kampanye tersebut berangkat dari fakta tentang ketiak yang kerap diabaikan bahkan disembunyikan karena ketidaksempurnaannya. Oleh sebab itu, kampanye #KetiakmuBerarti ingin mengajak perempuan Indonesia menyadari serta merayakan arti dan peran ketiak yang sehat terawat.

"Ke depannya, kampanye ini akan kami sebarluaskan melalui berbagai channel, dimulai dari konser tunggal 'Tutur Batin' yang akan diselenggarakan di Surabaya dan Jakarta tanggal 9 dan 16 Juni 2023 mendatang," kata Nessa.

Baca juga: Yura Yunita gelar konser album ketiga di Surabaya & Jakarta pada Juni

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023