selalu mengikuti segala arahan dan petunjuk dari petugas haji
Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih berharap para jamaah calon haji asal kabupaten itui agar selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan selama menunaikan ibadah rukun Islam kelima tersebut di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Kepada seluruh calon jamaah haji saya harapkan agar selalu kompak, bersatu menjaga kerukunan dan kebersamaan," kata Bupati saat melepas pemberangkatan jamaah calon haji Kelompok Terbang (Kloter) 45 SOC di Pendopo Parasamya Bantul, Selasa (6/6).

Bupati Bantul juga berpesan para jamaah calon haji senantiasa selalu mengingatkan sesama calon jamaah haji lebih lebih yang tergabung dalam satu rombongan agar menjaga nama baik daerah, dan juga nama baik negara Republik Indonesia dan khususnya Kabupaten Bantul.

Selain itu, kata Bupati, para jamaah haji agar senantiasa mendoakan keluarga saudara masyarakat Kabupaten Bantul agar selalu dalam lindungan Allah SWT, dan mendoakan warga yang tahun ini belum bisa bersama-sama menunaikan rukun Islam kelima.

"Agar secepatnya dapat memenuhi panggilan serupa, sebab doa dari Tanah Suci memiliki kekuatan besar, karena dilakukan di tempat yang mustajab dan waktu yang istimewa," katanya.

Baca juga: Menko PMK ingatkan jamaah calon haji agar fokus kejar ibadah wajib
Baca juga: Petugas haji bantu antarpulang jamaah sampai aktifkan paket telepon


Lebih lanjut Bupati juga mengatakan, sebagaimana diketahui bersama bahwa kondisi di Tanah Suci Mekkah tidaklah sama dengan kondisi di Tanah Air, sehingga para jamaah calon haji agar selalu menjaga kesehatan dan juga arahan dari petugas.

"Karena itu, selain harus mematuhi segala aturan yang berlaku di Tanah Suci Mekkah, serta selalu mengikuti segala arahan dan petunjuk dari petugas haji," katanya.

Sedangkan kepada pimpinan rombongan maupun petugas haji yang mendampingi, Bupati berharap agar benar-benar dapat membantu dan membimbing seluruh jamaah calon haji yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

"Tunaikan amanah yang dipercayakan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul Pambudi Arifin Rakhman mengatakan, jumlah keseluruhan jamaah calon haji Bantul pada 2023 sebanyak 970 orang dan terbagi dalam lima kelompok terbang (Kloter), namun jumlah tersebut masih bisa bertambah lagi.

Dia mengatakan, setelah pada Senin (5/6) sebanyak 59 jamaah haji dari Kloter 43 diberangkatkan, dan telah sampai dengan selamat di Asrama Haji Donohudan Solo, kali ini pemberangkatan jamaah haji pada kloter 45 sebanyak 353 orang, yang merupakan kloter terbanyak pada 2023.

"Jamaah calon haji Bantul pada Kloter 43 telah diberangkatkan kemarin, kemudian hari ini diberangkatkan kloter 45, dan pada hari Rabu (7/6) akan diberangkatkan Kloter 48, selanjutnya pada Kamis (8/6) akan diberangkatkan untuk Kloter 49, dan Kloter 52," katanya.

Baca juga: Menag sampaikan alasan keterlambatan maskapai penerbangan haji
Baca juga: Seorang calon haji asal Kota Kediri minta pulang
Baca juga: Kemenkes sediakan tombol darurat untuk bantu jamaah haji yang sakit

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023