Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz akan menghadapi Novak Djokovic di semifinal French Open setelah petenis nomor satu dunia asal Spanyol itu mengalahkan mantan runner-up Roland Garros Stefanos Tsitsipas 6-2, 6-1, 7-6 (7/5), Selasa malam waktu setempat.

Alcaraz yang berusia 20 tahun menjadi semifinalis putra French Open termuda sejak Djokovic pada 2007.

Alcaraz akan menghadapi Djokovic untuk kedua kalinya dalam kariernya. Dia mengalahkan juara Grand Slam 22 kali itu dalam tiga set di Madrid tahun lalu.

"Pertandingan ini ingin ditonton semua orang dan saya akan mengatakan ini akan menjadi pertandingan yang bagus untuk dimainkan dan juga ditonton," kata Alcaraz tentang pertarungannya dengan Djokovic, seperti disiarkan AFP, Rabu.

"Saya sangat ingin memainkan pertandingan ini. Jika Anda ingin menjadi yang terbaik maka Anda harus mengalahkan yang terbaik, dan Novak Djokovic adalah salah satu yang terbaik di dunia saat ini."

Baca juga: Aldila fokus ke ganda campuran usai drama di ganda putri French Open

Tsitsipas memulai perempat final sesi malam dengan percaya diri, tetapi Alcaraz segera mengambil kendali dengan dua break untuk mengamankan set pembuka.

Campuran drop shot halus dan groundstroke dari Alcaraz membuat Tsitsipas kewalahan, yang dengan mudah menyerah pada set kedua dengan kesalahan ganda.

Unggulan teratas itu mematahkan servis Tsitsipas di awal set ketiga tetapi gagal melakukan servis pada kedudukan 5-3 saat Tsitsipas memberikan perlawanan yang terlambat, menyelamatkan lima match point sebelum akhirnya kalah di tie-break.

"Saya sedikit kehilangan fokus pada akhir set ketiga," ujar Alcaraz.

"Dia mulai bermain lebih baik dan tentu saja, saya sedikit kehilangan fokus, saya sempat berada dalam masalah. Saya senang bangkit dari masalah itu dan tetap fokus dan bermain di level yang hebat."

Sementara itu, di pertandingan perempat final lainnya, juara dua kali Roland Garros Djokovic mengalahkan Karen Khachanov 4-6, 7-6 (7/0), 6-2, 6-4 untuk mencapai semifinal yang ke-12 kalinya dan ke-45 di turnamen major.

Baca juga: Sabalenka bertemu Svitolina di perempat final French Open
Baca juga: Aldila/Kato didiskualifikasi dari French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023