Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi yang berpasangan dengan petenis Jepang Miyu Kato didiskualifikasi dari ganda putri French Open, Minggu, setelah seorang ball girl secara tidak sengaja terkena pukulan yang tampak tidak berbahaya dalam sebuah insiden yang juga mempertanyakan sportivitas lawan mereka.

Drama tersebut terjadi ketika Aldila/Kato memimpin 3-1 pada set kedua setelah lawan mereka Marie Bouzkova dan Sara Sorribes Tormo merebut set pertama.

Berdiri di depan net, Kato dengan lembut mengarahkan bola ke arah ball girl atau pemungut bola yang berdiri di seberang lapangan dalam upaya untuk membantu jalannya pertandingan.

Namun, bola tersebut mengenai bagian belakang kepala ball girl itu.

Kato (28) langsung meminta maaf kepada gadis yang menangis dan gemetar itu.

Baca juga: Aldila Sutjiadi capai perempat final ganda campuran French Open

Awalnya Kato mendapat peringatan dari wasit, tetapi pengawas kemudian masuk ke lapangan dan pasangan yang menjadi unggulan ke-16 dalam turnamen tersebut didiskualifikasi dari pertandingan babak ketiga setelah Bouzkova dan Sorribes Tormo memprotes wasit.

"Saya tidak melihat itu, tim kami melihatnya. Tapi saya melihat gadis itu masih menangis selama 15 menit setelahnya. Peringatan pertama kali terjadi karena wasit tidak melihat dia menangis dan dia kesakitan," kata Bouzkova, seperti disiarkan AFP, Minggu.

"Kami memberi tahu pengawas bahwa dia harus melihat lebih dalam karena kami melihat gadis itu menangis dan bola langsung mengarah padanya. Itu tidak seperti bola yang memantul atau bola yang lebih lambat," ujar Bouzkova.

Pada pertandingan lain di French Open, Sabtu, petenis Rusia Mirra Andreeva mengakui bahwa dirinya beruntung tidak didiskualifikasi dari pertandingan saat melawan Coco Gauff setelah memukul bola dengan marah ke arah penonton di lapangan Suzanne Lenglen.

"Saya berpikir bahwa itu adalah langkah yang sangat bodoh dari saya, karena itu tidak perlu dilakukan," kata Andreeva yang kecewa yang dikalahkan oleh petenis Amerika itu dalam tiga set.

"Benar-benar buruk apa yang saya lakukan. Ya, saya punya pemikiran seperti ini (bahwa dia akan mendiskualifikasi), tapi dia hanya memberi saya peringatan,"

Novak Djokovic pernah didiskualifikasi dari US Open 2020 setelah melempar bola dengan frustasi yang tidak sengaja mengarah ke hakim garis yang berdiri di dekatnya.

Baca juga: Aldila/Kato atasi rintangan untuk melaju ke babak ketiga French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023