Jakarta (ANTARA News) - Dua komikus Indonesia Muhammad Fathanatul Haq dan Ockto Baringbing menerima penghargaan "Silver Award" dalam Kontes Manga Internasional keenam atas karya mereka yang berjudul "5 Menit Sebelum Tayang".

Ketua Komite Penyelenggara Kontes Manga Internasional sekaligus Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida telah memberikan penghargaan kepada Fathanatul dan Ockto pada 8 Februari lalu di Negeri Sakura, demikian siaran pers dari Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia.

Fathanatul dalam "5 Menit Sebelum Tayang" bertindak sebagai penggambar komik, sedangkan Ockto adalah penulis naskahnya.

Atas prestasi tersebut, Fathanatul dan Ockto akan diwawancarai oleh stasiun televisi NHK World dan akan disiarkan pada 14 Februari dan satu hari setelahnya.

Selain "5 Menit Sebelum Tayang", 14 karya lain juga menerima penghargaan yang terdiri dari satu "Gold Award", dua "Silver Award" dan 11 "Bronze Award". Kontes Manga Internasional pada tahun ini diikuti oleh 245 peserta dari 38 negara.

Kontes itu dirintis pada bulan Mei 2007 dengan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada para penulis komik bergaya Jepang yang berkontribusi pada penyebaran budaya "manga".

Para penerima penghargaan diundang ke Jepang bersamaan dengan acara serah terima. Mereka juga dijadwalkan akan bertemu dengan "mangaka" (komikus) Jepang serta mengunjungi penerbit komik di negara tersebut.

(G005)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013