Bandung (ANTARA) -
Bupati Bandung Dadang Supriatna mengemukakan pihaknya kini tengah melakukan asesmen pada ratusan rumah di Desa Bojongmalaka, Desa Rancamanyar dan Kelurahan Andir yang mengalami kerusakan setelah diterjang bencana puting beliung pada Senin (5/6).

Asesmen itu, kata Dadang, dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung pada sekitar 150 unit rumah.

"Hari Senin (5/6), terjadi peristiwa angin puting beliung dan menghantam 152 rumah. Sekarang tengah dilakukan asesmen untuk menilai kerusakan," kata Dadang dalam keterangannya di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Baca juga: Diterjang puting beliung, ratusan rumah di Kabupaten Bandung rusak

Menurut Dadang Supriatna, dari hasil asesmen yang dilaksanakan BPBD Kabupaten Bandung dan Disperkimtan itu, akan diketahui rumah yang mengalami kerusakan kategori berat, sedang dan ringan, untuk dilanjutkan dengan program bantuan.

"Setelah dilakukan penilaian, baru kita akan dorong bantuan kepada masyarakat, yang tentunya untuk membantu memperbaiki rumah-rumah yang kena musibah angin puting beliung tersebut," kata Dadang.

Ia berharap BPBD dan Disperkimtan secepatnya menyelesaikan asesmen dampak dari bencana puting beliung tersebut agar segera dibuat keputusan terkait bantuan yang akan diberikan.

"Hasil asesmen segera laporkan kepada saya, untuk segera dibuat keputusan supaya nanti distribusi bantuan menggunakan dana BTT (belanja tidak terduga), bisa diberikan kepada masyarakat yang saat ini terkena musibah," ucap Dadang.

Dadang mengatakan bahwa bantuan tersebut dalam bentuk uang dengan cara transfer kepada sasaran penerima bantuan tersebut. "Nanti berdasarkan asesmen, termasuk angka atau nilainya berapa," tuturnya.

Lebih lanjut, Dadang Supriatna mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terlebih saat ini kondisi cuaca tidak menentu.

"Terutama pada musim hujan, apalagi ada angin kencang juga. Saya saat melihat ke lokasi musibah angin puting beliung sempat khawatir ada korban, tapi alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah angin puting beliung tersebut," tuturnya.

Baca juga: BPBD Bandung inventaris dampak angin puting beliung Cimenyan

Baca juga: 15 orang luka akibat puting beliung di Kabupaten Bandung


Angin puting beliung menerjang Kabupaten Bandung pada Senin (5/6) di dua desa dan satu kelurahan di Kecamatan Baleendah.

Puting beliung itu terjadi pada sore hari yang menimpa Desa Bojongmalaka, Desa Rancamanyar dan Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Awalnya, terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Tidak lama kemudian puting beliung menghantam satu per satu rumah warga, akibat peristiwa itu ratusan rumah mengalami kerusakan. Rumah yang mengalami kerusakan terbanyak di Desa Bojongmalaka.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023