Vatican City (ANTARA) - Paus Fransiskus akan menjalani operasi abdomen di rumah sakit Gemelli di Roma pada Rabu sore, demikian bunyi pernyataan dari Vatikan.

Menurut pernyataan itu, tim medis dalam beberapa hari terakhir telah memutuskan bahwa operasi tersebut perlu dilakukan dan Paus diperkirakan akan berada di rumah sakit selama "beberapa hari" untuk penyembuhan.

Paus akan menjalani pembedahan abdomen dengan bius total, kata Vatikan.

Fransiskus akan dibawa ke rumah sakit usai melakukan misa mingguan di Vatikan pada Rabu pagi. Pada kesempatan itu, ia  tidak menyebutkan rencana operasi tersebut.

Sebelumnya, pemimpin berusia 84 tahun itu melakukan pemeriksaan selama 40 menit di rumah sakit Gemelli pada Selasa (6/6).

Fransiskus, yang menandai 10 tahun kepausannya pada Maret, kerap menggunakan kursi roda atau tongkat untuk berjalan karena mengalami nyeri pada lutut.

Pada Juli 2021, ia menjalani operasi pengangkatan sebagian usus besar lantaran menderita divertikulitis dan awal tahun ini dia mengatakan kondisinya telah pulih.

Fransiskus tahun lalu mengaku tidak ingin melakukan operasi di bagian lututnya sebab bius lokal untuk operasi usus sebelumnya menimbulkan efek samping yang parah.

Sumber: Reuters

Baca juga: Usai jalani operasi usus, Paus Fransiskus dalam kondisi baik

Baca juga: Paus Fransiskus tinggalkan rumah sakit setelah perawatan bronkitis


 

Selesai operasi, Paus kembali ke Vatikan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023