Jakarta (ANTARA) - PT Bumi Santosa Cemerlang atau Pluang telah berinovasi dengan meluncurkan 500 lebih pilihan saham baru AS guna memperluas jangkauan investasi masyarakat Indonesia.

Co-Founder Pluang Claudia Kolonas mengatakan, inovasi tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen Pluang dalam memastikan akses investasi yang inklusif bagi masyarakat Indonesia.

“Inklusi keuangan menjadi komitmen jangka panjang Pluang dan prinsip utama dalam menciptakan berbagai inovasi produk, termasuk 500 lebih pilihan baru saham AS yang tersedia mulai dari sektor teknologi, farmasi, consumer goods sampai ke klub sepak bola,” kata Caludia melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Claudia melihat adanya potensi pasar Indonesia yang terus menunjukkan resiliensi. Dari sisi pola konsumsi, indeks penjualan ritel dan perilaku konsumtif masyarakat masih tinggi dengan inflasi yang relatif moderat di tingkat 5,0 persen secara tahunan (yoy).

Hal itu sejalan dengan proyeksi International Monetary Fund (IMF) yang mengatakan bahwa kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar bagi perusahaan global yang tercatat di bursa saham AS.

Head of Financial Academy Pluang Imam Nugraha mengatakan, Pluang telah mencatat pertumbuhan jumlah pengguna sebanyak dua kali lipat dan pertumbuhan asset kelolaan sampai lima kali lipat di saham AS dalam setahun terakhir.

Ia juga menilai pilihan aset yang semakin luas tersebut memungkinkan investor untuk mengeksplorasi berbagai pilihan saham sesuai momentum dan minat para investor yang semakin bertumbuh pesat.

“Saham AS biasanya dikelompokkan berdasarkan sektornya terlebih dahulu lalu, melihat lebih dalam pada valuasi setiap perusahaan yang ada. Setidaknya terdapat empat klasifikasi saham: saham AS defensif, saham AS dengan valuasi, saham AS spekulatif , serta growth stocks,” jelasnya.

Adapun Pluang merupakan perusahaan rintisan aplikasi investasi multi-aset di Indonesia yang menyediakan akses terhadap beragam kelas aset secara praktis melalui produk investasi mikro di Indonesia.

Dalam menawarkan produk saham AS, Pluang telah bermitra dengan PT PG Berjangka, perusahaan pialang berjangka Indonesia yang telah memperoleh izin Penyaluran Amanat Nasabah ke bursa Luar Negeri (PALN) dan Peserta Perdagangan Sistem Alternatif (Peserta SPA) dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (BAPPEBTI).

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023