Berbagai materi program pelatihan telah disiapkan Ditjen Bina Pemdes, baik secara tatap muka maupun metode learning management system (LMS)
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan siap memberikan pelatihan peningkatan kapasitas pemerintah desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

"Berbagai materi program pelatihan telah disiapkan Ditjen Bina Pemdes, baik secara tatap muka maupun metode learning management system (LMS)," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut dia sampaikan saat menerima audiensi Penjabat (Pj.) Bupati Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan beserta jajaran, di Kantor Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Eko menyampaikan pemberian pelatihan peningkatan kapasitas pemerintah desa yang meliputi kepala desa dan perangkat desa lainnya itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD). Dia pun menyampaikan sebanyak 145 desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe akan menerima program P3PD itu.

Baca juga: Ditjen Bina Pemdes siapkan "kick off meeting" guna sosialisasikan P3PD

Ke depannya, Eko berharap kemunculan P3PD di Kabupaten Kepulauan Sangihe itu akan membantu desa di daerah tersebut agar lebih maju, mandiri, dan sejahtera.

Dalam kesempatan yang sama, Rinny menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat karena telah memilih Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai lokasi P3PD. Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, kata dia, Kepulauan Sangihe akan memfasilitasi program peningkatan kapasitas pemerintahan desa melalui P3PD.

Rinny juga menyampaikan Kabupaten Kepulauan Sangihe merasa antusias menerima program tersebut, terutama dengan adanya pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa.

Selain Eko dan Rinny, audiensi itu juga dihadiri oleh Sekretaris Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Paudah, Direktur Fasilitasi Perencanaan Keuangan dan Aset Pemerintah Desa Lutfi, serta Pelaksana Harian Direktur Fasilitasi Penataan dan Administrasi Pemerintah Desa Sri Wahyu Febrianti Firman.

Baca juga: Dirjen Bina Pemdes ajak semua pihak ikut wujudkan keluarga sejahtera
Baca juga: Dirjen Bina Pemdes: Sinergi kunci majukan desa

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023