Jakarta (ANTARA) - Tim Ducati Lenovo telah mengkonfirmasi bahwa Enea Bastianini akan kembali beraksi pada akhir pekan ini di Grand Prix Italia.

Namun, pebalap tersebut harus mengikuti pemeriksaan medis dan benar-benar dilaporkan pulih dan laik untuk balapan. Pemeriksaan itu akan dilakukan pada Kamis (8/6) waktu setempat di Sirkuit Mugello.

“Saya sangat menyukai Sirkuit Mugello. Di masa lalu saya telah mencapai hasil yang luar biasa, jadi targetnya adalah bisa melakukannya lagi tahun ini,” ujar Bastianini dikutip dari laman resmi MotoGP, Rabu.

Sebelumnya, Bastianini dilaporkan menderita patah tulang belikat kanannya yang ia dapati usai kecelakaan (crash) di babak Sprint Race pada putaran pertama MotoGP 2023 di Sirkuit Internasional Algarve Portimao, Portugal, Sabtu (25/3).

Baca juga: Bastianini ungkap alasan mundur dari MotoGP Spanyol

Rekan satu tim Pecco Bagnaia itu terkena gesekan atau kontak dengan Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) di Tikungan 5, menyebabkan pebalap Italia kehilangan keseimbangan dan jatuh cukup keras.

Setelah diperiksa di rumah sakit, ditemukan bahwa patah tulang yang diderita Bastianini memaksanya untuk absen dari balapan utama di hari Minggu (26/3) karena kondisi yang tidak fit dan memungkinkan.

Karena cedera tersebut, pebalap yang dijuluki "The Beast" itu telah melewatkan balapan utama di MotoGP Portugal, MotoGP Argentina, MotoGP Amerika Serikat, hingga mundur dari MotoGP Spanyol.

Meski demikian, pebalap Italia itu tidak sabar untuk dapat kembali beraksi di kampung halamannya dan berkompetisi dengan para kompetitornya.

“Tentunya setelah sekian minggu absen, pastinya (kembali ke lintasan) tidak akan mudah. Bagaimanapun, saya termotivasi. Ini adalah balapan kandang kami dan saya bertujuan untuk melakukannya dengan baik,” kata dia.

Sementara itu, GP Italia akan bergulir pada 9-11 Juni.

Baca juga: Bastianini akan jalani tes medis jelang MotoGP Spanyol
Baca juga: Crash, Bastianini alami patah tulang di Sprint Race MotoGP Portugal


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023