Jakarta (ANTARA) - Hari ini, tepatnya 10 Juni 2023 menjadi hari ke-1000 sejak debut unit resmi pertama ASTRO, “Moonbin & Sanha” dan diperingati Sanha melalui akun Instagramnya.

Dari akun Instagram Sanha @ddana_yoon (10/6), ia mengunggah sebuah foto bersama mendiang Moon Bin saat latihan bersama dengan tulisan, “Hyung, ternyata sudah 1000 hari sejak kami memulai unit kami. Selamat!" tulis Sanha melalui unggahan ceritanya. 

Melalui allkpop.com, Sabtu (10/9), unit ASTRO “Moonbin & Sanha” memulai debutnya pada 14 September 2020 dengan merilis album mini pertama bertajuk “In-Out” dengan lagu utama "Bad Idea.” Sekitar satu setengah tahun setelah debut mereka, Moonbin & Sanha kembali merilis album mini kedua mereka berjudul “Refuge” dengan lagu utama "WHO" pada 15 Maret 2022. 

Baca juga: Moobin & Sanha ASTRO batal ke Jakarta 

Duo ini juga melakukan perilisan album terbaru dan terakhirnya dengan album mini ketiga bertajuk “Perfumer” dan lagu utama "Madness" pada 4 Januari 2023. Sebelumnya, unit mereka telah dijadwalkan untuk melakukan acara jumpa penggemar di beberapa negara. Namun, pada 19 April 2023 lalu, Moon Bin mengembuskan napas terakhirnya di kediamannya di usia 25 tahun.

Kini, Sanha tengah disibukkan dengan aktivitas solo dan grupnya bersama ASTRO. Beberapa hari lalu, ia juga mengunggah peringatan 49 hari pascakematian Moon Bin melalui akun Instagramnya.

Tidak hanya Sanha, penggemar mereka turut merayakan debut mereka dengan tagar #문빈산하_데뷔_1000일_축하해 dan membagikan beberapa momen favorit mereka dari aktivitas unit tersebut. 

Tagar tersebut ramai-ramai dibagikan oleh penggemar mereka melalui Twitter dan sempat memuncaki daftar teratas pencarian di Twitter. Penggemar mereka pun secara kompak mendoakan kesehatan Sanha dan mendiang Moon Bin agar bahagia di alam sana. 

Baca juga: Moonbin & Sanha harap EP baru seperti aroma yang meresap ke pendengar

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023