Banjarmasin (ANTARA) - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersama inas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin membangun kerja sama dengan Cambridge University guna meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Banjarmasin.

“Kita membangun kerja sama program Cambride English For School berstandar A1 untuk jenjang SD dan B1 untuk jenjang SMP,” ucapnya dalam keterangan tertulis di Banjarmasin, Minggu.

Ibnu Sina menuturkan jenjang tingkatan tersebut nantinya menjadi acuan kemampuan guru di Banjarmasin untuk memberikan pembelajaran di sekolah menuju standar internasional.

“Kita sekolahkan guru di Banjarmasin ke Inggris. Ini adalah investasi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas guru,” katanya.

Ia menyebutkan hal itu perlu dilaksanakan usai Pemkot Banjarmasin mendapat penghargaan “Anugerah Merdeka Belajar” kategori Transformasi Pembelajaran yang diterima dari Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makariem pada Mei 2023.

Baca juga: ULM gandeng Universitas Cambridge jajaki kelas internasional
Menutur dia, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yakni tenaga pendidik adalah hal yang penting.

Lebih lanjut dia mengatakan jika SDM tenaga pendidik unggul maka dapat memberikan dampak positif kepada peserta didik di sekolah dan memajukan kualitas pendidikan di Kota Banjarmasin.

Ibnu Sina mengungkapkan kerja sama dengan Cambridge University tersebut merupakan salah satu pelaksanaan visi dan misi Kota Banjarmasin yakni meningkatkan kualitas pendidikan dalam rangka menghadapi tantangan global.

Kerja sama tersebut dilakukan saat kunjungan kerjanya ke Inggris, dimana ia juga disambut Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya yang didampingi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Khairul Munadi.

Baca juga: Kutai gandeng universitas Inggris untuk pengembangan bahasa

 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023