Bengaluru (ANTARA) - Indeks saham utama Inggris naik tipis pada awal perdagangan Senin, karena rebound di Croda International memimpin sektor bahan kimia lebih tinggi, sementara para pedagang menunggu serangkaian data ekonomi domestik dan keputusan suku bunga dari bank-bank sentral utama minggu ini.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chis FTSE 100 yang padat sumber daya dan f0kus ke pasar luar negeri terangkat 0,2 persen pada pukul 07.20 GMT, sementara indeks saham0saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri juga terkerek 0,2 persen.

Investor akan mencermati data inflasi penting dari AS pada Selasa (13/6/2023) untuk petunjuk tentang keputusan kebijakan moneter Federal Reserve sehari kemudian.

Bank Sentral Eropa juga akan mengumumkan keputusan kebijakannya minggu ini, sementara Bank Sentral Inggris (BoE) akan segera menggelar pertemuannya.

Indeks acuan FTSE 100 membukukan penurunan mingguan ketiga berturut-turut pada Jumat (9/6/2023), karena kegelisahan seputar suku bunga global tetap lebih tinggi sehingga selera risiko yang lebih lama berkurang menyusul kenaikan suku bunga yang mengejutkan oleh dua bank sentral utama awal pekan lalu.

Sektor energi merosot 1,1 persen ke bagian bawah indeks sektor mengikuti harga minyak mentah yang lebih rendah, sementara penambang turun 0,8 persen karena harga logam yang lemah.

Croda International melonjak 2,1 persen setelah jatuh pada Jumat (9/6/2023) menyusul perkiraan laba yang lemah dari perusahaan bahan kimia tersebut.

Baca juga: Dolar turun di Asia jelang pertemuan Fed dan bank sentral utama lain
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023