Jakarta (ANTARA) - Memiliki kuku yang indah dan terawat adalah dambaan semua orang terlebih para wanita, namun setiap orang memiliki kondisi kuku yang berbeda-beda, yang bisa mengakibatkan kuku rapuh atau lemah.

Dikutip dari Makeup.com Selasa, ahli manikur Rita Remark mengatakan kuku yang lemah kadang-kadang bisa disebabkan oleh genetika. Selain itu, kuku rapuh juga dapat disebabkan oleh kerusakan permukaan, seperti pengaplikasian atau penghilangan gel dan akrilik yang tidak tepat, usia, kesehatan yang buruk, atau pengobatan yang kuat.
 
Penyebab lainnya paling umum dari kuku rapuh adalah kurangnya hidrasi, baik secara internal maupun eksternal.
 
ANTARA merangkum beberapa cara untuk memperkuat kuku agar tidak mudah rapuh dan tetap sehat. Salah satunya dengan mengikir kuku secara benar dan satu arah. Kikir dengan bentuk alami kutikula Anda saat mengikir ujung kuku Anda.

Baca juga: Kuku tampil cantik namun tetap sehat dengan kuteks vegan
 
Selanjutnya gunakan semir penguat kuku. Gunakan perawatan ini untuk memberikan nutrisi pada kuku dan memberi kesan kilau alami. Jika Anda tidak dapat berpisah dengan warna cat kuku favorit Anda, pastikan untuk menggunakan lapisan dasar yang lebih kuat.
 
Jangan lepas cat kuku dengan cara yang tidak tepat karena dapat merusak kuku alami Anda. Gunakan juga minyak kutikula setiap hari untuk memperkuat kuku dan melembabkan kuku.
 
Ahli juga merekomendasikan untuk membatasi paparan terhadap aseton dan bahan kimia lainnya seperti gel, bubuk, akrilik, dan produk kimia pembersih rumah. Batasi juga penggunaan pembersih tangan berbasis alkohol karena akan mengeringkan kulit sekitar kuku.

Baca juga: Gel perawatan ternyata bisa rusak kuku
 
Selain itu, gunakan juga krim tangan untuk membantu menjaga tangan dan bantalan kuku tetap lembut dan lembab. Tinjau pula asupan gizi dan hidrasi untuk memperkuat kuku dan hindari paparan air panas terlalu sering.
 
Di samping itu semua, penting juga membiarkannya dalam keadaan alami dari waktu ke waktu. Kuku juga menjadi rapuh karena terus-menerus memakai cat akrilik, gel atau bahkan cat kuku biasa, merusak kekuatan dan kesehatan kuku.

Baca juga: Hati-hati, kuteks bisa sebabkan gangguan kesuburan

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023