Jakarta (ANTARA) - Berlibur bersama keluarga memang menjadi kesempatan yang tepat untuk menciptakan kenangan yang berkesan serta menjalin hubungan yang lebih akrab. Apalagi, masa liburan sekolah semakin di depan mata.

Dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa, maskapai penerbangan Scoot membagikan sejumlah rekomendasi destinasi wisata keluarga. Tak hanya itu, simak pula panduan saat bepergian bersama keluarga dalam penerbangan jarak jauh dan transit.

Berikut tiga rekomendasi tujuan wisata keluarga yang dapat dijadikan pilihan bagi Anda untuk mengisi masa liburan sekolah.

Baca juga: Wisata keluarga sambil bersepeda dominasi pengunjung TMII

Singapura

Ragam atraksi, budaya, dan pengalaman yang terjangkau bagi keluarga bisa didapatkan saat berkunjung ke Singapura. Misalnya, Anda dan keluarga bisa menikmati kenyamanan di taman kota dan jalur pejalan kaki hingga aktivitas seru di Pulau Sentosa atau Gardens by the Bay.

Kunjungan ke Singapore Zoo yang terkenal dan Bird Paradise yang baru saja dibuka juga akan memberikan pengalaman yang unik serta menyenangkan bagi keluarga.

Jelajahi pula kuliner khas Singapura dengan harga terjangkau dan bersertifikat halal seperti nasi ayam dan laksa di pusat kuliner kaki lima atau hawker centers.

Penang, Malaysia

Kota ini dikenal dengan karya seni jalanannya yang penuh warna, beserta sajian perpaduan pemandangan antara gedung-gedung pencakar langit dan alam.

Wisatawan yang bepergian dengan keluarga dapat bersenang-senang di berbagai taman petualangan atau menikmati pengalaman budaya di salah satu museum Peranakan atau desa-desa terapung.

Tak hanya atraksi wisata, Penang juga terkenal sebagai tempat yang tepat bagi para pecinta kuliner dan memiliki banyak pilihan kuliner halal.

Pulau Jeju, Korea Selatan

Pulau yang menjadi tujuan wisata favorit orang Indonesia ini memiliki pemandangan alam yang rimbun, formasi gunung berapi, hingga pantai yang masih alami. Selain itu, ada pula taman hiburan tematik (theme park) seperti Snoopy Garden atau Maze Land.

Pulau Jeju juga menyediakan banyak pilihan restoran halal yang dekat dengan tempat wisata populer. Ini memudahkan wisatawan untuk menikmati kuliner sekaligus melihat pemandangan Jeju yang menakjubkan.

Setelah menetapkan tujuan wisata yang hendak Anda kunjungi bersama keluarga, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan perjalanan dengan lebih matang. Apalagi, destinasi yang dituju membutuhkan penerbangan jarak jauh dan transit.

Berikut panduan bagi keluarga untuk memaksimalkan pengalaman perjalanan jarak jauh saat berlibur.

Baca juga: Lima destinasi untuk liburan bersama keluarga di tanggal muda

Hindari memilih jadwal penerbangan pada malam hari

Jika Anda bepergian bersama keluarga, sebaiknya hindari penerbangan pada malam hari. Pilihlah jadwal penerbangan pada siang hari sehingga Anda dan keluarga tidak kehilangan waktu tidur.

Apabila terbang dengan pesawat Dreamliner Scoot, pilihlah kursi Stretch sehingga perjalanan Anda dan keluarga lebih nyaman. Kursi ini memberikan ruang kaki hingga 50 persen lebih luas dibandingkan dengan kursi standar.

Siapkan permainan dan video untuk isi waktu selama penerbangan

Sebelum Anda dan keluarga naik ke pesawat (boarding), sebaiknya unduh sejumlah permainan dan video di perangkat terlebih dahulu. Hal ini sebagai antisipasi jika anak-anak bosan dan tetap membuat mereka terhibur selama penerbangan jarak jauh.

Jika membutuhkan konektivitas internet, maskapai Scoot sendiri sudah menyediakan paket Wi-Fi tambahan sehingga pelanggan tetap terhubung selama penerbangan.

Eksplorasi bandara saat mendapat kesempatan untuk transit

Saat transit penerbangan, bereksplorasilah di sekitar bandara untuk menambah keseruan perjalanan sekaligus kesempatan untuk beristirahat dalam perjalanan panjang.

Penumpang Scoot biasanya kerap transit di Bandara Changi, Singapura. Bandara ini menawarkan berbagai macam aktivitas bagi orang dewasa dan anak-anak. Anda juga bisa mencoba olahraga panjat tebing di Climb@T3 atau menikmati Canopy Park dan Discovery Slides di Jewel.

Untuk menikmati transit yang lebih tenang, wisatawan yang bepergian dengan keluarga juga dapat menikmati Jewel Rain Vortex yang ikonis atau mengamati pesawat lepas landas dari viewing mall di Terminal 1, 2, dan 3.

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata di Bali saat liburan sekolah

Baca juga: Enam atraksi terbaru di Hong Kong untuk liburan keluarga

Baca juga: Traveloka hadirkan fitur fleksibilitas antisipasi ketidakpastian

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023