Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Warriors meraih kemenangan keenam di Liga Bola Basket ASEAN (ABL) 2013 seusai sukses menundukkan tuan rumah Chang Thailand Slammers 90-74 di Gedung Basket Universitas Bangkok, Thailand, Jumat.

Pada pertandingan yang juga disiarkan secara daring di situs ABL tersebut (www.aseanbasketballleague.com), efektifnya percobaan lemparan tiga angka Warriors menjadi kunci kemenangan mereka atas Slammers.

Kemenangan tersebut semakin memantapkan Warriors di puncak klasemen sementara dengan enam kemenangan dan dua kali kekalahan.

Tiga pemain asing dari kedua tim menjadi sorotan dalam pertandingan tersebut karena berhasil mencetak "double double" yaitu Christopher Vondrell Daniels dan Steve Demon Thomas untuk Warriors serta Christian Charles bagi Slammers.

Dua pemain asing Warriors asal Amerika Serikat Daniels dan Thomas mencapai "double double" masing-masing melalui 22 poin dan 14 kali mengamankan "rebounds" serta 15 angka dan 11 kali "rebounds". Sementara Charles berhasil menjadi top skor melalui 27 angka dan mengamankan 12 kali "rebounds" untuk mencapai perolehan "double double".

Selain tiga pemain tersebut, sedikitnya lima pemain dari kedua tim berhasil mencapai "double digits" dalam hal perolehan angka, yaitu Dawsom Wutipong dengan 23 poin dan Tongsri Wacharapong melalui 10 poin untuk Slammers, kemudian Mario Wuysang (16), Jerick Uy Canada (14) serta John Smith (13) bagi Warriors.

Sejak kuarter pertama, tim juara bertahan ABL 2012 langsung menekan tuan rumah dan berhasil mengakhiri 10 menit awal dengan keunggulan sementara 24-16.

Memasuki kuarter kedua Warriors kian menjauh dan menambah selisih keunggulan menjadi sembilan poin dalam kedudukan sementara 44-35.

Pada kuarter ketiga tuan rumah mulai mencoba bangkit melalui beberapa poin sumbangan dari Charles dan Dawsom. Meski demikian, Warriors berhasil memaksa Slammers tertahan di selisih kedudukan sembilan angka, dalam skor sementara 65-56.

Warriors semakin bernafsu menghabisi tuan rumah pada kuarter terakhir melalui tambahan tenaga baru dari Christian Ronaldo "Dodo" Sitepu untuk mendampingi Wuysang atau Canada. Perlawanan Slammers mendadak dipadamkan oleh rentetan tembakan tiga angka dari Dodo, Canada dan Wuysang yang mengubah kedudukan menjadi 88-72 untuk keunggulan Warriors di sisa waktu 39 detik terakhir.

Keadaan itu kian diperparah saat Wuysang mendapatkan dua kesempatan lemparan bebas di sisa waktu 25 detik terakhir, dan sukses menunaikan tugasnya dengan baik untuk membawa Warriors menjauh dalam kedudukan 90-72.

Angka terakhir bagi Slammers disumbangkan oleh Dawsom melalui dua kali tembakan bebasnya dan menutup pertandingan dalam kedudukan akhir 90-74 untuk kekalahan timnya dari tim tamu, Warriors.

Selanjutnya Warriors akan mendapatkan libur selama tiga minggu sebelum menjalani laga ulang dan menjamu Slammers di kandang mereka, Gedung Basket Britama Arena, Mahaka Square, Jakarta pada 6 Maret mendatang.

Sementara itu Slammers sendiri memiliki jadwal tur kunjungan ke Malaysia menghadapi Westports Malaysia Dragons pada 23 Februari, kemudian singgah di Vietnam untuk bertanding melawan Saigon Heat pada 1 Maret, sebelum akhirnya pergi ke Indonesia.

(G006/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013