Jakarta (ANTARA) - Sejumlah stan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023 di Kemayoran, Jakarta, menebar penawaran makan dan minum dengan harga hemat dalam rangka meningkatkan pemasaran produk-produknya.

Salah satunya, jenama produk olahan makanan laut dalam kemasan Mitraku yang menawarkan makan pangsit isi (dumpling) sepuasnya dengan empat rasa.

Selain itu aneka surimi seperti cikuwa, bakso ikan, hingga gyoza. "Pengunjung PRJ 2023 cukup membayar Rp35.000 per orang," kata pengunjung PRJ 2023, Fian Diraatmaja (30) kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Dia mengaku bisa mengambil sendiri makanan olahan laut yang sudah disajikan secara prasmanan pada meja memanjang di dalam stan tersebut.

Ada dua kuah yang disediakan, yakni Kuah Oden yang rasanya gurih dan Tom Yam yang agak pedas.

Fian pun kenyang, meski di stan itu tidak menyediakan nasi putih. "Rasanya makan 'dumpling' sebanyak itu kenyang juga," kata Fian.

Baca juga: Jakarta Fair berlangsung 14 Juni-16 Juli 2023

Pengelola stan Mitraku, Howard Ken Lukmito mengatakan, sedikitnya ada 30 jenis produk dari Mitraku yang dibawa pada PRJ tahun ini.

Howard memperkirakan jumlah porsi makanan yang disediakan per hari di stan tersebut akan cukup untuk menjamu ribuan orang yang ingin makan sepuasnya.

"Konsep kami adalah 'All You Can Eat', jadi apapun yang bisa pengunjung muat di satu mangkuk (500 mililiter). Itu adalah hadiah yang dapat mereka nikmati cukup dengan membayar Rp35 ribu," kata dia.

Direktur PT Sekar Bumi Tbk itu mengatakan, pihaknya sudah tiga kali mengikuti PRJ di Kemayoran, Jakarta. Tahun ini, targetnya masih sama seperti tahun 2022 lalu, yaitu memperluas jangkauan distribusi domestik, khususnya pada sektor rumah tangga.

Untuk menarik pengunjung, pihaknya mengatur dekorasi stan dengan ornamen lampion yang dapat bersinar di malam hari.

Howard sengaja memasang lampion karena ingin stannya mencirikan sebuah pasar malam bernuansa Asia (Asian Night Market) pada gelaran PRJ tahun ini.

"Hiasan lampion itu kan kesannya lebih netral, Jepang ada yang pakai, Korea juga, dan Indonesia. Pokoknya kami ingin lebih ke 'Asian Night Market'," kata dia.

Baca juga: Presiden Jokowi direncanakan hadiri pembukaan Jakarta Fair 2023

Selain menawarkan makan sepuasnya, Mitraku juga menawarkan sensasi makan sepuasnya dengan latar berbagai negara, antara lain Jepang, Korea dan China, menggunakan teknologi kacamata yang bisa menampilkan realitas virtual (VR Glass).

Sensasi makan dengan menggunakan VR Glass itu bisa dinikmati dengan membayar Rp40 ribu per 15 menit.

Selain stan itu, masih banyak penyedia stan makanan dan minuman lain yang menawarkan diskon produk untuk pengunjung PRJ 2023 di Kemayoran.

Salah satunya stan produk minuman ekstrak kelapa, air mineral dan teh botol yang menawarkan paket isi empat hingga tujuh kemasan produk isi 250 mililiter hingga 600 mililiter seharga Rp25 ribu kepada pengunjung yang bersedia menunjukkan bukti pembelian tiket masuk kawasan Pekan Raya Jakarta Kemayoran.

Adapun untuk memasuki kawasan Pekan Raya Jakarta, calon pengunjung dapat membeli tiket dengan harga Rp40 ribu secara daring di situs resmi Jakarta Fair. Untuk pembukaan PRJ hari ini, grup musik The Rain unjuk kebolehan guna menghibur pengunjung pada pukul 19.00 WIB.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023