Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Yura Yunita mempersembahkan hadiah ulang tahun dalam rangka memperingati ke-23 tahun film "Petualangan Sherina" dengan menyanyikan ulang (remake) lagu "Lihatlah Lebih Dekat" yang secara resmi dirilis pada Rabu.

Lagu "Lihatlah Lebih Dekat" versi Yura sudah dapat dinikmati melalui berbagai platform streaming audio mulai Rabu. Sementara video musiknya direncanakan rilis pada Senin (19/6). Perilisan lagu versi Yura itu berada di bawah payung label rekaman Trinity Optima Production.

Pendiri dan CEO Trinity Entertainment Network Yonathan Nugroho menilai bahwa Yura menjadi penyanyi yang dirasa tepat untuk membawakan ulang "Lihatlah Lebih Dekat" dengan versi pemaknaan yang lebih dewasa namun tetap relevan di masa sekarang.

"Waktu itu Yura sebagai salah satu kandidat (untuk membawakan "Lihatlah Lebih Dekat") karena kita tahu Yura sangat fenomenal dan sangat digemari anak muda saat ini. Dan setelah kita dengarkan liriknya juga masih sangat relevan dengan kehidupan sekarang," kata Yonathan saat menghadiri perayaan 23 tahun "Petualangan Sherina" di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Apa peran Isyana Sarasvati di "Petualangan Sherina 2"?

Baca juga: Skenario selesai digarap, "Petualangan Sherina 2" menuju casting


"Jadi dengan senang hati kita mencoba meng-approach Yura untuk bekerja sama dan menjadikan ini sebuah kado spesial. Dan kita bisa lihat sendiri, saya sangat bersyukur hasilnya sangat luar biasa," imbuh Yonathan.

Bagi Yura, lagu "Lihatlah Lebih Dekat" yang menjadi soundtrack film musikal keluarga itu memiliki tempat yang spesial di hatinya. Saat masih usia belia, Yura juga sering menonton "Petualangan Sherina" melalui VCD.

"Saat mendengarnya lagi setelah aku dewasa sekarang, maknanya mendalam sekali. Jika kita mau belajar untuk melihat lebih dekat, kita akan lebih bijaksana dalam memaknai apapun yang sedang kita alami saat ini," kata Yura.

Lagu "Lihatlah Lebih Dekat" pertama kali dibawakan oleh Sherina Munaf bersama Ucie Nurul dalam film "Petualangan Sherina" (2000). Lagu ini muncul dalam adegan saat Sherina merasa sedih karena harus meninggalkan sahabat-sahabatnya untuk pindah tempat tinggal ke Bandung.

"Lihatlah Lebih Dekat" merupakan salah satu lagu diciptakan oleh mendiang Elfa Secioria. Musisi legendaris itu, yang juga menjadi penata musik untuk film "Petualangan Sherina", menciptakan melodi dan aransemen musiknya. Sementara lirik lagunya ditulis oleh Mira Lesmana.

Mendengar kembali lagu tersebut yang dinyanyikan Yura, Mira mengaku dirinya semakin rindu terhadap sosok Elfa mengingat saat itu proses pembuatannya sangat menyenangkan.

"Jadi terkenang proses pembuatannya, menyanyikan lagunya membawa memori yang sangat dalam," ujar dia.

"Dan ternyata begitu mendengar Yura menyanyikan ini, seperti dia bilang, maknanya tiba-tiba berubah untuk seorang dewasa menyanyikannya itu juga punya arti yang lebih," imbuh Mira.

Sutradara Riri Riza memandang bahwa lagu "Lihatlah Lebih Dekat" masih memiliki kekuatan yang luar biasa saat didengarkan kembali di masa sekarang. Setuju dengan Riri, Sherina menambahkan lagu tersebut memang memiliki kekuatan yang tak lekang oleh waktu dan bisa menjangkau pendengar dari berbagai kalangan usia.

"Dan aku senang banget, Yura juga mempunyai momen yang spesial soal lagu ini. Tadi dia juga cerita kan, teringat masa-masa ketika masih kecil. Jadi buat aku, aku senang (lagu ini) dinyanyikan oleh sesama seniman yang juga mencintai makna dan mempunyai arti yang spesial buat dia," kata Sherina.

Baca juga: Riri Riza dan Mira Lesamana kenang "Petualangan Sherina" 23 tahun lalu

Baca juga: Film "Petualangan Sherina 2" tayang di bioskop mulai 28 September

Baca juga: Kata Sherina dipercaya urusi musik "Petualangan Sherina 2"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023