Sebagai wadah berhimpunnya para tokoh dan pemimpin agama, FKUB memiliki peran penting untuk mengelola keberagaman dan merawat kerukunan bagi seluruh masyarakat
Palu (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah menggencarkan pembangunan dan peningkatan kualitas kerukunan umat beragama di daerah itu, melalui berbagai program kegiatan pembinaan dan peningkatan wawasan keagamaan.

"Kerukunan harus terus dibangun, dan FKUB menggencarkan pembangunan kerukunan dengan berbagai program inovasi dengan tujuan meningkatkan wawasan umat beragama," kata Ketua FKUB Sulteng KH.  Zainal Abidin dihubungi dari Palu, Kamis.

Zainal mengatakan, salah satu upaya FKUB Sulteng dalam meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama yaitu melaksanakan Muhibbah Kerukunan melalui kunjungan dan berdialog dengan tokoh dan umat  dari semua agama.

"Dengan dialog kita harapkan terjalin hubungan sesama umat beragama, serta tidak ada kecurigaan sesama antar-mereka," ujarnya.

Melalui dialog, kata dia, sesama umat beragama dapat saling memahami mengenai perbedaan yang tidak harus dipertentangkan. Oleh karena itu, melalui Muhibbah Kerukunan disosialisasikan moderasi beragama, demi membangun pemahaman umat beragama yang moderat.

Di samping Muhibbah Kerukunan,  kata dia,  FKUB Sulteng juga melaksanakan sosialisasi dalam bentuk jalan santai yang tujuannya agar umat beragama saling berkomunikasi dan interaksi.

"Ketika umat beragama saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya, maka akan terbangun kedekatan secara individual, dengan begitu umat beragama akan saling kenal dan mengenal," ungkapnya.

Ia menyebut, dengan terbangunnya interaksi yang baik antar sesama umat beragama, dan saling kenal dan mengenal, maka perbedaan suku, budaya, bahasa, dan agama, tidak akan dipertentangkan oleh masing - masing umat beragama.

"Ini yang kita harapkan, karena kerukunan, kedamaian, dalam kehidupan sosial keagamaan, harus diciptakan. Oleh karena itu, FKUB Sulteng mengajak multi pihak untuk bersama - sama membangun dan meningkatkan kualitas kerukunan di Sulteng," kata Zainal.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat  Provinsi Sulawesi Tengah, Fahruddin Yambas mengapresiasi upaya FKUB dalam meningkatkan kualitas kerukunan dan kedamaian di daerah itu.

"Sebagai wadah berhimpunnya para tokoh dan pemimpin agama, FKUB memiliki peran penting untuk mengelola keberagaman dan merawat kerukunan bagi seluruh masyarakat, khususnya di daerah Provinsi Sulawesi Tengah," katanya.

Fahruddin berharap, FKUB Provinsi Sulawesi Tengah terus mengembangkan kerja sama dan kolaborasi bersama dengan berbagai organisasi dan komunitas dalam membangun kerukunaan umat beragama.

Baca juga: Kemenag-FKUB terus lestarikan kerukunan beragama di Sulut
Baca juga: FKUB Aceh Barat beri pemahaman kerukunan umat beragama bagi siswa SMA
Baca juga: FKUB Aceh desak polisi usut pembakaran balai pengajian di Bireuen

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023