Jakarta (ANTARA) - Microsoft menyatakan bahwa studio pengembang game internal mereka akan berhenti membuat game baru untuk konsol Xbox One.

"Kami akan bergerak ke Gen 9," kata kepala Xbox Game Studio Matt Booty yang merujuk kepada konsol generasi baru Xbox Series X/S, dalam wawancara dengan Axios dikutip dari The Verge pada Jumat.

Meskipun Microsoft tetap mendukung perangkat keras dan game Xbox One seperti "Minecraft" untuk generasi konsol sebelumnya, tidak ada lagi studio internal yang akan mengembangkan game baru untuk Xbox One.

Baca juga: Xbox Series S varian baru hadir dengan kapasitas penyimpanan 1 TB

Microsoft menggunakan Xbox Cloud Gaming untuk menawarkan game seperti "Microsoft Flight Simulator" kepada pengguna Xbox One. Acara Xbox Games Showcase yang baru-baru ini diselenggarakan tidak menampilkan gameyang khusus dihadirkan untuk Xbox One.

Booty mengatakan perusahaannya akan terus memanfaatkan Xbox Cloud Gaming untuk menawarkan game terbaru kepada pengguna Xbox One.

“Begitulah cara kami mempertahankan dukungan (untuk Xbox One),” kata Matt.

Pengembang game Microsoft sendiri sekarang fokus pada konsol Xbox Series S / X, meskipun terdapat klaim bahwa beberapa pengembang meminta Microsoft untuk membatalkan kompatibilitas Xbox Series S untuk game Xbox terbaru.

Xbox Series S seharga 299 dolar Amerika Serikat (Rp4,4 juta) diluncurkan sebagai konsol yang mampu memainkan game 1440p hingga 120fps, tetapi, banyak game yang hanya mencapai 1080p dan tanpa frame rate yang lebih tinggi dibandingkan Xbox Series X yang lebih bertenaga.

Xbox Series X lebih bertenaga memiliki daya GPU lebih mentah dan juga RAM 16 GB yang lebih besar dibandingkan Xbox Series S yang hanya memiliki RAM 10 GB.

Baca juga: Microsoft rancang tv box untuk streaming Xbox

Kendala memori menjadi hambatan bagi beberapa pengembang, tetapi, Microsoft tengah berupaya untuk mencoba dan meningkatkan kinerja grafis Xbox dan menyediakan lebih banyak memori untuk diakses pengembang di Xbox Series S.

Booty mengakui mengatasi kendala tersebut akan menjadi PR bagi pengembangan Xbox Series S. Namun, dia mengklaim studio game Xbox milik Microsoft mampu mendapatkan performa pada game terbaru mereka yang dibuat untuk Xbox Series S.

Microsoft juga mengumumkan peluncuran varian warna hitam dari konsol Xbox Series S dengan kapasitas penyimpanan 1 TB pada acara Xbox Games Showcase untuk mengatasi kekhawatiran gamers seputar kapasitas penyimpanan 512GB pada Xbox Series S original yang dianggap tidak cukup untuk menyimpan berbagai game yang berukuran besar.

Baca juga: Sony akan rilis perangkat genggam Playstation portabel Project Q

Baca juga: Penjualan Nintendo Switch merosot hingga 23 persen

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023