ini menjadi bukti nyata dedikasi dan kreativitas mahasiswa Unismuh
Makassar (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah  (Unismuh) Makassar berhasil meloloskan 32 judul proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang yang dilaksanakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek.

PKM mahasiswa Unismuh Makassar yang lolos tersebut, terdiri dari PKM Kewirausahaan (PKM-K) 5 judul, PKM Karsa Cipta (PKM-KC) 3 judul, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM) 11 judul, PKM Riset Eksakta (PKM-RE) 1 judul, dan PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) 12 judul.

“Alhamdulillah, keberhasilan ini menjadi bukti nyata dedikasi dan kreativitas mahasiswa Unismuh dalam mengembangkan ide-ide inovatif,” kata Wakil Rektor III Unismuh Dr Muhammad Tahir dalam keterangannya di Makassar, Sabtu.

Ia menjelaskan, dari 32 judul proposal yang lolos itu, lanjutnya, mahasiswa Unismuh meraih total pendanaan senilai Rp232 juta.

Baca juga: Dubes Italia kunjungi Unismuh perkuat kerja sama dengan Indonesia
Baca juga: Unismuh Makassar tuan rumah kompetisi bisnis LPDP 2023


Muhammad Tahir menambahkan, angka tersebut mencerminkan tingginya kualitas dan potensi yang dimiliki oleh para mahasiswa Unismuh dalam menciptakan solusi dan inovasi dalam berbagai bidang yang menjadi fokus PKM.

Secara nasional, Unismuh menempati peringkat keenam jumlah proposal yang lolos dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah (PTMA) se Indonesia. Capaian itu juga menempatkan Unismuh sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbanyak meloloskan proposal di Kota Makassar.

Warek III Unismuh ini berharap agar tim PKM yang mendapatkan hibah tersebut dapat lolos hingga Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Dengan capaian ini, kata Muhammad Tahir, Unismuh Makassar semakin menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam mendorong para mahasiswa untuk terus berkarya dan berinovasi.

“Namun yang terpenting, mahasiswa sudah menunjukkan kontribusi nyata dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Unhas peringkat empat nasional pendanaan PKM Kemendikbudristek
Baca juga: Belmawa tingkatkan ide kreatifitas peserta PKM
Baca juga: 13 perguruan tinggi swasta LLDIKTI X menangkan pendanaan PKM

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023