Makassar (ANTARA) - Sebanyak 135 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Hasanuddin berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dengan jumlah tersebut, Unhas menduduki peringkat empat nasional perguruan tinggi dengan pendanaan PKM terbanyak tahun 2023.

“Alhamdulillah, kita berhasil menempati peringkat empat nasional untuk jumlah proposal PKM yang lolos pendanaan di tahun 2023. Jadi ada peningkatan dua digit, tahun lalu kita di posisi enam untuk jumlah proposal yang didanai,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM (K) di Makassar, Jumat.

Prof Ruslin mengatakan bahwa capaian ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi Unhas.

Baca juga: Yayasan Kalla libatkan mahasiswa dalam pengelolaan lingkungan hidup

Baca juga: 280 pemateri berbagai negara hadiri simposium FIKP Unhas


Lebih jauh, dirinya mengungkap pada PKM delapan bidang ini, Unhas mendapat total pendanaan Rp1.01 miliar. Adapun masing-masing proposal PKM mendapatkan pendanaan antara Rp6 juta hingga Rp10 juta.

Dari 135 proposal tersebut, yang mendapat pendanaan adalah PKM Riset Eksakta sebanyak 42 proposal, PKM Riset Sosial Humaniora 31 proposal, PKM Kewirausahaan 17 proposal, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 31 proposal, PKM Penerapan Iptek lima proposal, PKM Karsa Cipta delapan proposal, dan PKM Video Gagasan Konstruktif satu proposal.

Selanjutnya, seluruh proposal yang lolos didanai nantinya akan diseleksi kembali melalui proses Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM. Lalu, proposal yang lolos dari penilaian reviewer berhak maju menuju PIMNAS ke-36 yang rencananya digelar di Universitas Padjadjaran pada November 2023.

Prof. Ruslin menambahkan Unhas akan terus memfasilitasi dan membuat persiapan lebih matang menuju PIMNAS. Ia pun berharap Unhas bisa meningkatkan prestasi dengan menduduki posisi empat besar atau tiga besar di ajang PIMNAS 2023.

“Kami sangat yakin tim pokja yang saat ini berjibaku sejak awal dan para mahasiswa sangat antusias. Kita akan terus memfasilitasi dan membuat persiapan lebih matang sehingga kita bisa naik posisi, bisa naik empat besar bahkan tiga besar PIMNAS,” ujarnya.*

Baca juga: Unhas teken kontrak bantuan modal usaha bagi 554 Mahasiswa PMW

Baca juga: Unhas-PT PAL kerja sama penguatan sektor maritim Indonesia

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023