Laporan Dari Jepang (ANTARA) - Sebanyak 28 siswa dan siswi jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah atas (SMA) dinyatakan lulus dari Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami di Tokyo pada Sabtu menyampaikan penghargaannya atas kerja keras para siswa dan peran para guru di SRIT hingga para siswa menyelesaikan studinya.

“Selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studi di sekolah yang kita cintai dan kita banggakan ini. Apresiasi juga saya haturkan untuk seluruh guru atas bimbingan kepada putra dan putri kita semua,” katanya.

Kelulusan itu dirayakan dalam acara wisuda yang digelar pada Jumat (16/6), bertepatan dengan hari ulang tahun ke-61 SRIT.

John menambahkan kelulusan merupakan jembatan menuju lembaran baru yang pastinya akan penuh tantangan dan petualangan baru.

“Selamat dan sukses atas penyelenggaraan pameran pendidikan yang merupakan puncak dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” ujarnya.

Dia berpesan kepada seluruh wisudawan untuk terus belajar, meningkatkan prestasi, dan memperluas jejaring pertemanan.

“Mari kita sama-sama jaga SRIT. Kita jaga fasilitasnya, kita jaga kualitasnya, dan kita jaga prestasinya. Jangan lupa untuk terus menjaga persahabatan di antara kalian,” ujarnya.

Kepala SRIT Ari Driyaningsih menjelaskan pada tahun ajaran 2022/2023 terdapat tiga siswa yang berhasil masuk ke kampus negeri di Indonesia dan Jepang.

“Dua siswi SRIT berhasil lolos ke Universitas Ibaraki atas nama Safrina Azwa Karimah dan Zahra Pertiwi. Sementara itu, Yuri Intan Shafira berhasil masuk Teknik Industri Universitas Indonesia. Untuk prestasi non-akademik, ada 24 siswa-siswi yang meraih juara lomba akademik tingkat nasional dan internasional," kata Ari.

Siswa-siswi yang berprestasi itu di antaranya Macca Tanka Soemadipradja, juara 2 Motion Graphic IDN International Creative Competition; Zifa Falisha Surachman, juara 2 Desain Microblog; dan Hana Aisyah Rustam, pemenang The Best English 5th Meguro English Speech Contest.

Gelaran acara wisuda SRIT ini dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian dari para siswa, di antaranya pertunjukan Tari Sajojo oleh siswa-siswi TK, Tari Padupa dan pencak silat oleh siswa-siswi SD, Tari Merak oleh siswa-siswi SMA, dan pertunjukan musik angklung.

Acara itu dihadiri pula oleh Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno, dan Ketua Komite SRIT Sonny Surachman Ramli.

Baca juga: Dubes RI: PPI bisa bantu perkuat hubungan Indonesia-Jepang
Baca juga: KBRI Tokyo apresiasi PPI Hiroshima carikan beasiswa lewat pertanian


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023