Jakarta (ANTARA) - Arena indoor Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, menjadi lokasi istimewa bagi karir ganda putri peringkat dua dunia Baek Ha Na/Lee So Hee yang baru saja meraih gelar BWF Super 1000 perdana dari ajang Indonesia Open 2023, Minggu.

Kemenangan mereka turut diwarnai dukungan oleh pecinta bulu tangkis yang menonton secara langsung di dalam Istora GBK. Baek/Lee sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para badminton lovers Indonesia yang terus mendukung hingga akhir pertandingan.

"Kami awalnya kaget karena banyak pendukung di Indonesia. Setiap datang ke sini kami menerima banyak sekali dukungan dan bahkan merasa seperti bermain di kandang sendiri," ungkap Baek saat ditemui usai pertandingan.

Menurut pasangan asal Korea Selatan itu, Istora punya arti penting tidak hanya dari segi prestasi, namun juga ikatan emosional antara mereka dan penggemar di Tanah Air.

Dukungan dari penonton berdampak langsung pada daya tahan mental mereka saat berjuang melawan ganda putra Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada babak final.

Baca juga: Baek/Lee juarai turnamen Super 1000 perdana di Indonesia Open 2023

Berbeda dari Baek, Lee menilai Istora bukan tempat baru baginya karena sudah berkali-kali bertanding di lokasi tersebut.

Namun dengan kabar akan dipindahkannya turnamen bulu tangkis dari Istora GBK ke Indonesia Arena pada tahun depan, turut mengundang komentar dari pebulu tangkis senior tersebut.

Dia agak menyayangkan keputusan pemindahan tersebut, namun di sisi lain hal tersebut juga membawa dampak positif bagi para penggemar bulu tangkis di dalam negeri.

"Kalau tahun depan ganti (lokasi) pun juga tidak apa-apa, karena pasti pecinta badminton Indonesia yang datang akan semakin banyak dan tentunya atmosfer yang ramai tidak akan berubah," ungkap Lee.

Sementara itu, Ketua Panitia Indonesia Open 2023 Armand Darmadji memastikan turnamen edisi tahun ini adalah yang terakhir digelar di Istora GBK.

"Saya sampaikan bahwa penyelenggaraan Indonesia Open tahun depan akan pindah ke tempat yang baru. Kepindahan tersebut kami maksudkan untuk bisa menampung fans bulu tangkis Tanah Air yang setiap tahun bertambah," ungkap Armand.

Baca juga: Ganda putri Baek/Lee menang adu tenaga untuk juarai Indonesia Open
Baca juga: Sayonara, Istora

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023