Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej), Jawa Timur membuka pendaftaran seleksi mandiri mahasiswa baru tahun 2023 tanpa melibatkan perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah Besuki Raya seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Pendaftaran dimulai hari ini dan proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman semmaba.unej.ac.id hingga tanggal 30 Juni 2023," kata Wakil Rektor I Unej Prof. Slamin di kampus setempat, Senin.

Jika tahun-tahun sebelumnya ujian mandiri Universitas Jember dinamakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya atau SBMPTBR karena bekerja sama dengan kawan-kawan PTS di wilayah Besuki Raya.

Baca juga: Daftar jalur mandiri Unej gunakan nomor ponsel

Sesuai arahan dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek, lanjut dia, ujian mandiri Unej dilaksanakan tanpa melibatkan PTS pada tahun 2023 dan kini berganti nama menjadi Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru atau SEMMABA Unej.

"Sistem seleksinya tetap sama, yakni menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Unej dan peserta wajib mengikuti secara luring di kampus Unej sesuai jadwal pada 5-9 Juli 2023," tuturnya.

Ia menjelaskan Peserta SEMMABA Unej 2023, nantinya diberi kesempatan memilih tiga program studi yang ada di kampus setempat, baik program studi di kelompok Saintek maupun Soshum, namun perlu diperhatikan, dari tiga pilihan program studi tersebut, peserta wajib memilih satu program studi jenjang diploma 3 atau diploma 4.

Baca juga: Robot karya Fakultas Teknik Unej lolos ke final KRI 2023

Baca juga: Unej peringkat sepuluh nasional versi Times Higher Education


"Materi UTBK sejenis dengan UTBK SNBT, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta Penalaran Matematika. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi panitia di Bagian Akademik dan atau Humas Unej," katanya.

Untuk informasi lebih lengkap, lanjut dia, para siswa bisa menghubungi panitia di Bagian Akademik dan atau Humas Universitas Jember untuk mengetahui informasi lebih detailnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023