Alhamdulillah Kabupaten Rejang Lebong mendapat tambahan sebanyak 25 orang, sebelumnya yang sudah diberangkatkan pada 12 Juni kemarin sebanyak 227 orang sehingga jumlah jamaah haji kita tahun ini menjadi 252 orang
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan daerah itu pada musim haji tahun 2023 mendapat kuota tambahan sebanyak 25 orang.

Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong Lukman dalam acara pelepasan 25 calon haji kuota tambahan di Masjid Agung Baitul Makmur Kabupaten Rejang Lebong, Senin, mengatakan Provinsi Bengkulu tahun ini mendapatkan tambahan kuota dari pemerintah pusat sebanyak 142 orang dan kemudian dibagikan kepada 10 kabupaten/kota.

"Alhamdulillah Kabupaten Rejang Lebong mendapat tambahan sebanyak 25 orang, sebelumnya yang sudah diberangkatkan pada 12 Juni kemarin sebanyak 227 orang sehingga jumlah jamaah haji kita tahun ini menjadi 252 orang," katanya.

Ia menjelaskan kuota haji tambahan Kabupaten Rejang Lebong tersebut terbanyak kedua setelah Kota Bengkulu, di mana mereka ini akan masuk asrama haji Antara Bengkulu pada hari itu dan Selasa (20/6) akan diberangkatkan ke Embarkasi Padang, Sumatera Barat dan selanjutnya berangkat ke Jeddah, Arab Saudi.

Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, kata dia, kalangan jamaah calon haji ini sudah manasik haji yang dilakukan pihaknya secara maraton, mereka ini nantinya akan tergabung di kloter 17 embarkasi Padang, Sumatera Barat.

Menurut Lukman kalangan calon haji ini nantinya akan mendapatkan pelayanannya yang sama dengan calon haji yang sudah berangkat lebih dahulu seperti mendapatkan biaya hidup atau living cost, gelang jamaah haji dan lainnya.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi usai melepas keberangkatan 25 calon haji kuota tambahan daerah itu mengatakan, jamaah calon haji yang berangkat ini patut bersyukur karena bisa menjalankan rukun Islam kelima tersebut kendati masuk kuota tambahan.

"Bersyukurlah kepala Allah SWT, karena itu memang panggilan walaupun gelombang tambahan tetap berangkat juga," terangnya.

Ia berpesan kepada 25 calon haji kuota tambahan ini agar dapat menjaga kesehatan sehingga bisa menjalani rukun haji, dan menghindari sifat-sifat yang buruk dalam menjalankan haji sehingga bisa menjadi haji mabrur dan mabrurah.

Pada pemberangkatan kuota haji tambahan itu Pemkab Rejang Lebong memfasilitasi pemberangkatannya dengan menyiapkan dua unit kendaraan dinas pemda setempat jenis bus sedang dari Kabupaten Rejang Lebong menuju asrama haji Bengkulu dengan dikawal petugas kesehatan dan petugas dari Kemenag setempat.

Baca juga: Bupati Rejang Lebong minta 226 calon haji menjaga kesehatan

Baca juga: Kemenag: 48 pendaftar haji Rejang Lebong-Bengkulu tarik dana setoran

Baca juga: Bupati Rejang Lebong terima undangan khusus haji

Baca juga: Kemenag Rejang Lebong kumpulkan koper 106 calon haji



 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023