...saya salut dengan perjuangan anak-anak yang bisa merebut poin penuh di kandang lawan
Jayapura (ANTARA News) - Tim Persidafon Dafonsoro kalah dari tamunya Persipura Jayapura dengan skor akhir 0-2 dalam laga lanjutan Liga Super Indonesia di stadion Bas Jouwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat sore waktu setempat.

Tim dengan julukan "Gabus Sentani" itu harus mengakui keunggulan tamunya, setelah pemain belakang Persipura Jayapura, Otavio Dutra melesakan gol lewat sundulannya pada pertambahan waktu babak pertama.

Gol mantan pemain Persebaya Surabaya itu tercipta berkat umpan silang dari tendangan bebas Zah Rahan Krangar dari sisi kanan pertahanan Persidafon.

Beberapa menit sebelumnya, Persipura mendapatkan hadiah pinalti dari wasit tetapi Boas Salossa yang menjadi "algojo" pengambil pinalti tersebut gagal memperdayai kiper Celsius Gebse. Tendangan Boas melebar di kiri gawang Persidafon. Hingga turun minum skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu, Persipura Jayapura.

Merasa tertinggal pada babak kedua, tim tuan rumah mencoba bermain terbuka dengan serangan dari berbagai arah. Tetapi petaka terjadi pada menit ke-50, gol Boas Salossa tercipta berkat serangan balik Zah Rahan Krangar dan kawan-kawan yang mencoba keluar dari tekanan anak-anak "Gabus Sentani" membuat tuan rumah semakin tertinggal.

Setelah gol dari Boas, pasukan Erens Pahelerang terus menekan Persipura tetapi gol balasan tak kunjung terjadi. Berbagai tendangan dari Yohanis Nabar dan Ronald Setmob belum bisa membobol gawang Yoo Jae Hoon.

Usai pertandingan, pelatih persidafon Erens Pahelerang mengaku kalah segalanya dari Persipura. "Kami akui, Persidafon jauh dalam segala hal dari Persipura. Dan selamat untuk kemenangan bagi Mutiara Hitam," katanya seraya menambahkan akan terus memperbaiki kerjasama pemain.

Sementara pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Thiago mengaku bangga dan senang dengan anak-anak asuhnya yang telah sukses meraih kemenangan di partai derby Papua itu. "Pertandingan derby Papua ini cukup menguras banyak tenaga, tetapi saya salut dengan perjuangan anak-anak yang bisa merebut poin penuh di kandang lawan," katanya.

Dengan hasil ini dipastikan Persidafon tertahan di posisi ke-12 klasemen sementara Liga Super Indonesia (LSI) atau bahkan bisa terpuruk didasar klasemen. Sedangkan Persipura Jayapura dipastikan meraih posisi ke-2, menggeser Arema Cronous.



Susunan Pemain :

Persidafon : 19. Celsius Gebze, 28. Andri Ibo, 21. Fransico Rumkabu (kartu merah), 17. Edison Ames, 14. Frengky Amo, 24. Yohanis Makanuay/32. Mukhlis Haay, 27. Izaac Wanggai, 10. Eduard Ivakdalam, 9. Yohanis Nabar,36. Jaelani "Yekerek" Arey/8. Isak Oagai, 90. Samuel Lim nunez/26. Ronald Setmob. Pelatih : Erens Pahelerang.



Persipura : 1. Yoo Jae Hoon (kiper), 4. Ricardo Salampessy/14.Ruben Sanadi, 5. Otavio Dutra, 45. Bio Paulin Pierre, 11. Imanuel Wanggai/13 Ian Lois Kabes, 8. Lim Jun Sik, 10. Zha Rahan Krangar, 15. Gerard Pangkali/17. Ferry Pahabol, 88. Patrick wanggai, 86. Boas Salossa (kapten), 26. Ortizan Salossa. Pelatih : Jackson F Thiago.

(ANT)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013