Hanya sebelas negara yang terseleksi untuk memamerkan hasil-hasil SDGs. Syukurlah, proposal Indonesia lulus. Kemendes PDTT mendapat mandat untuk mewakili Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI mewakili Indonesia untuk memamerkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) Desa di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Hanya sebelas negara yang terseleksi untuk memamerkan hasil-hasil SDGs. Syukurlah, proposal Indonesia lulus. Kemendes PDTT mendapat mandat untuk mewakili Indonesia," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Rabu.

Ia menyampaikan, pameran berjalan sepanjang dilaksanakannya High-Level Political Forum on Sustainable Development under the auspices of United Nations Economic and Social Council (Ecosoc) pada 10-19 Juli 2023, di Kantor Pusat PBB, New York, Amerika Serikat.

Mendes PDTT mengatakan, dalam kesempatan itu nanti Indonesia akan berbagi ide, konsep, dan praktik baik yang sudah dilakukan dalam melokalkan SDGs sampai ke tingkat kota dan desa.

"Pameran hendak mengetengahkan berbagi dan mempromosikan konsep, ide, dan implementasi inisiatif SDGs Desa," kata Gus Halim, demikian ia biasa disapa.

Di samping itu, lanjutnya, pameran juga mempromosikan potensi berbagai desa dan kota di Indonesia, termasuk ibu kota baru, serta kebutuhan untuk mengembangkannya agar sejalan dengan tujuan-tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

"Indonesia juga mempresentasikan konsep dan perkembangan pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia. Kota Nusantara dikembangkan sebagai kota yang inklusif, cerdas, dan berkelanjutan," ujarnya.

Ia menambahkan, pameran juga hendak menyebarluaskan informasi tentang pembangunan desa dan kota di Indonesia, serta program pemberdayaan masyarakat dan program desa cerdas (smart village).

Gus Halim mengatakan, melalui pameran di PBB itu pihaknya juga akan menjalin kolaborasi serta sinergi dengan calon mitra internasional untuk mendukung pembangunan desa dan kota berkelanjutan di Indonesia, sekaligus mempercepat pencapaian SDGs di tingkat lokal.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi, Kemendes PDTT, Theresia Junidar menambahkan topik-topik tujuan SDGs Desa yang dipamerkan, terutama tujuan ke-6, yakni Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi.

Kemudian tujuan ke-7, Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan. Tujuan ke-9, Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan. Tujuan ke-11, Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman, serta tujuan ke-17 Kemitraan untuk Pembangunan Desa.

"Kemendes PDTT akan memamerkan pencapaian SDGs Desa berupa video dan narasi sukses atas tercapainya tujuan-tujuan SDGs Desa," katanya.

Baca juga: Mendes dukung koperasi urun dana guna tingkatkan ekonomi desa
Baca juga: Mendes PDTT: SDGs Desa perkuat posisi perempuan desa
Baca juga: Mendes: Transpolitan harus dilaksanakan untuk sejahterakan transmigran
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023