Banjarmasin (ANTARA) - Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat (ULM) konsisten meluluskan mahasiswa program magister (S2) dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 alias sempurna setiap periode kelulusan atau yudisium.

"Alhamdulillah, yudisium kali ini juga kembali ada yang mendapatkan IPK sempurna atas nama Siti Hairiyani, S.Pi., M.Pi dari Program Studi Magister Ilmu Perikanan dengan lama studi dua tahun," kata Direktur Pascasarjana ULM Prof. Ahmad Suriansyah di Banjarmasin, Rabu.

Saat pelepasan 75 orang lulusan yang terdiri dari 74 program magister dan satu orang program doktor (S3) hari ini, program Pascasarjana ULM juga menorehkan prestasi tersendiri dengan rata-rata IPK 3,91 dan lama studi dua tahun lima bulan.

Capaian ini pun menjadi torehan terbaik sepanjang kelulusan di Pascasarjana ULM yang berdiri sejak 2006 silam dan kini memiliki 11 program magister multi disiplin dan tujuh program doktor.

Baca juga: ULM terbanyak di Kalimantan dapatkan pendanaan PPK Ormawa 2023

Baca juga: ULM berikan strategi pembelajaran mandiri implementasi MBKM


Prof. Sur, sapaan akrab Ahmad Suriansyah, menyebut hasil yudisium kali ini sangatlah membanggakan yang menunjukkan sekarang pengelolaan Pascasarjana ULM lebih baik memicu layanan perkuliahan semakin prima.

"Dengan proses pembimbingan dosen yang bagus maka bisa meningkatkan IPK dan mempercepat studi mahasiswa," ujarnya.
Prosesi pelepasan lulusan program S2 dan S3 di Pascasarjana ULM. (ANTARA/Firman)


Apalagi kini Pascasarjana ULM melalui pengelola program studi telah mengembangkan beragam aplikasi untuk bisa memudahkan mahasiswa dalam proses perkuliahan hingga tahapan pengajuan tugas akhir.

"Jadi semua urusan akademik dan non akademik bisa dipercepat tanpa terbatas ruang dan waktu sehingga membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studinya," ujar Prof Sur.

ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) unggul di Kalimantan Selatan dan terbesar di pulau Kalimantan kini terus mendorong pengembangan program magister dan doktor guna menghasilkan lulusan terbaik dengan dukungan 76 guru besar sebagai tenaga pengajarnya.*

Baca juga: ULM buka Program Doktor Administrasi Pendidikan

Baca juga: Prodi dan Pendidikan Profesi Dokter ULM raih akreditasi unggul

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023