Ketetapan tempat ini memang sudah melalui kesepakatan bersama dengan PHBI Kota Sorong dan organisasi Islam lain
Sorong, Papua Barat Daya (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya telah menetapkan enam lokasi untuk shalat Idul Adha 1444 H yang terdiri atas Kantor Wali Kota Sorong, halaman Gedung Olahraga, Pantai Reklamasi, Masjid Raya, Alia Hotel dan lapangan Batalion.
 
Kepala Kemenag Kota Sorong Rofiul Amri di Sorong, Rabu, menjelaskan berdasarkan rapat bersama pengurus Panitia Hari Besar Islam (PBHI) dan pengurus organisasi Islam Kota Sorong diputuskan kembali bahwa shalat Idul Adha 1444 H yang dilaksanakan pada 29 Juni 2023 akan digelar di beberapa lokasi strategis itu.

"Ketetapan tempat ini memang sudah melalui kesepakatan bersama dengan PHBI Kota Sorong dan organisasi Islam lain ," katanya.
 
Dia menyebutkan, lokasi yang masuk dalam koordinasi PBHI adalah halaman Kantor Wali Kota Sorong, halaman GOR lokasi pantai reklamasi. Organisasi Islam yang lain mengkoordinasi lokasi lain seperti lapangan Batalion dan Masjid Raya.
 
"Setiap hari besar Islam, kita selalu melibatkan organisasi Islam untuk mengakomodasi seluruh rangkaian momentum shalat Idul Adha," kata dia.
 
Selain itu, kata dia, takbir keliling pun akan dilaksanakan pada 28 Juni 2023 pada malam hari dengan rute start dari depan Pomal kampung baru menuju KM 12 kemudian berbalik arah ke taman Sorong City di depan Bandara Deo.
 
"Jadi kita akan takbir pada 28 Juni 2023 tepat pada malam sebelum momentum Idul Adha," katanya.
 
Ia mengimbau kepada seluruh umat Islam yang akan merayakan Idul Adha kiranya keamanan tetap dijaga sehingga seluruh rangkaian kegiatan hingga puncak momentum Idul Adha berlangsung baik dan lancar.
 
"Kami juga sudah koordinasi dengan Polresta Sorong untuk membantu kami menjaga keamanan selama kegiatan Idul Adha berlangsung," demikian Rofiul Amri ,

Baca juga: Polres Sorong terjunkan 350 personel amankan pawai takbir Idul Adha

Baca juga: Warga Muhammadiyah Sorong Shalat Idul Adha 1443 Hijriah

Baca juga: Seluruh masjid di Kota Sorong-Papua Barat disumbang sapi kurban

Baca juga: Hewan kurban bantuan Pangkoarmada III diserahkan di Masjid Al Fattah
 
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023