Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar memberangkatkan 393 calon haji melalui Kloter 42 sekaligus menutup rangkaian pemberangkatan musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan Embarkasi Makassar, Wahyudin Hakim di Makassar, Rabu, mengatakan Kloter 42 adalah kloter pertama di hari terakhir pemberangkatan calon haji.

"Untuk PPIH Embarkasi Makassar memberangkatkan 43 kloter dan di hari terakhir pemberangkatan ini, ada dua kloter penutup," ujarnya.

Adapun rombongan 42 itu mengangkut calon haji dari Sulawesi Tenggara sebanyak 147, Maluku Utara (91 calhaj), Gowa 58 (calhaj), Papua Barat (37 calhaj).

Baca juga: PPIH Embarkasi Makassar lepas 392 calon haji kloter terakhir

Baca juga: Pengantar jamaah calon haji Jeneponto membludak di Asrama Haji Sudiang


Kemudian, Enrekang (28 calhaj), Maros (20 calhaj), Toraja Utara (4 calhaj) dan Bulukumba 3 orang calon haji laut.

Wahyudin mengatakan pada kloter tambahan atau Kloter 42 berjumlah 393 termasuk petugas haji. Kloter tambahan ini dari berbagai daerah di Indonesia Timur yang masuk dalam area Embarkasi Makassar.

Dia menyatakan semua calon haji sejak dari Asrama Haji Sudiang Makassar menuju pesawat sudah langsung menggunakan pakaian ihram. Tidak seperti calon haji yang berangkat di awal-awal, hanya menggunakan pakaian umum.

"Jadi yang berangkat ini sudah langsung menggunakan pakaian ihram dan begitu tiba, langsung melaksanakan umrah wajib," katanya.

Para pemberangkatan tersebut, dirinya pun menitipkan pesan agar selalu kompak dalam rombongan, meskipun di Kloter 42 adalah kloter gabungan yang merupakan kuota tambahan calon haji.*

Baca juga: PPIH Embarkasi UPG terima enam calon haji lansia berusia 100 tahun

Baca juga: Tiga kloter JCH asal Wajo masuk asrama haji Sudiang


Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023