Kalau rusaknya semakin parah, semua harus dicek
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Presiden RI BJ Habibie mengimbau kepada para mahasiswa untuk tidak menggerakan arus organisasinya lebih ke arah politik.

"Organisasi mahasiswa jangan terlalu politis, tidak bisa seperti itu. Karena itu, harus fokus pada profesionalnya masing-masing," katanya pada Seminar Dies Natalis ke-66 PB HMI yang bertajuk "Upaya Strategis Bersama Mencegah Terjadinya Negara Gagal" di Aula Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Minggu.

Habibie menilai sekarang ini semakin banyak organisasi mahasiswa yang cenderung mengutamakan tujuan-tujuan politis.

"Mereka itu harus mengulas kembali (review) daftar aktivitasnya, tingkat kinerjanya. Sekarang ini mereka tidak diamati. Sebagian besar organisasi masih memakai prinsip-prinsip puluhan tahun lalu yang tidak disesuaikan dengan kondisi sekarang," katanya.

Dia juga mengimbau organisasi mahasiswa siap membentuk kader-kader pembangunan untuk masa depan.

"Mereka harus siap jadi pemimpin yang memiliki wawasan luas yang nantinya bisa diwujudkan dan mampu membuat perubahan dan kemajuan," katanya.

Terkait sejumlah tokoh organisasi yang terjerat kasus, terutama kasus korupsi, Habibie menyarankan agar dibenahi dari dalam organisasi tersebut.

"Ini seperti laptop, kalau laptop `hang`, perangkat lunaknya harus dicek. Kalau rusaknya semakin parah, semua harus dicek," katanya.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013