Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Astana mengadakan acara jalan santai dan perlombaan olahraga di Jetisu Park, Astana, Kazakhstan pada Kamis (22/6) untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini.

Kemeriahan acara menyambut HUT RI ke-78 tahun 2023 terlihat dari antusiasme para peserta yang hadir, baik Tim KBRI Astana, warga negara Indonesia (WNI) serta Friends of Indonesia di Jetisu Park, Astana, demikian menurut keterangan KBRI Astana dalam keterangannya pada Jumat.

Beberapa acara yang diadakan KBRI Astana untuk merayakan momen kemerdekaan Indonesia, antara lain jalan santai, lomba tarik tambang, makan kerupuk, dan satu permainan tradisional Kazakhstan -- Asek untuk kelompok dewasa. Sementara untuk anak-anak, diadakan lomba mewarnai, memecahkan balon dan makan kerupuk.

Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan M. Fadjroel Rachman berterima kasih atas kehadiran para WNI, tim KBRI Astana dan Friends of Indonesia yang turut berpartisipasi dalam kegiatan untuk menyambut HUT RI ke-78 itu.

"Terimakasih telah datang untuk berkumpul dan bergembira bersama sambil merefleksikan perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan negara yang kita cintai, Republik Indonesia," kata Fadjroel.

Menurut pihak KBRI Astana, para WNI yang hadir dalam acara itu mengaku sangat senang dengan momen kebersamaan tersebut.

"Sangat senang bisa kumpul dengan seluruh WNI dan bersilaturahmi, menang kalah urusan belakangan," ujar Ni Wayan Suci Suryawati, WNI yang sudah tiga tahun tinggal di Astana.

Acara untuk menyambut HUT RI ke-78 itu pun ditutup dengan kegiatan karaoke lagu Indonesia dan Kazakhstan serta Joget Maumere bersama seluruh peserta yang hadir.

Baca juga: DPD kunjungi Kazakhstan untuk studi banding pindah ibukota
Baca juga: Dubes RI sampaikan undangan Kazakhstan, Tajikistan ke Presiden Jokowi
Baca juga: Kazakhstan buka jalan kerja sama lebih besar dengan Indonesia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023