Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz memburu gelar lapangan rumput pertamanya setelah petenis nomor dua dunia itu mengalahkan Grigor Dimitrov 6-4, 6-4 untuk mencapai semifinal di Queen's Club, Jumat waktu setempat.

Alcaraz mengaku menonton video Roger Federer dan Andy Murray untuk mempelajari cara bergerak di atas rumput dan tampaknya upaya tersebut akan berhasil menjelang Wimbledon bulan depan.

Sejak selamat dari pertemuan babak pertama yang menguras tenaga melawan petenis Prancis Arthur Rinderknech, Alcaraz tidak kehilangan satu set pun untuk mencapai empat besar di London.

Sebuah break pada gim pertama sudah cukup untuk memenangi set pertama petenis Spanyol itu karena Dimitrov melewatkan tiga peluang untuk melakukan break pada gim keenam.

Petenis Bulgaria, yang memenangi gelar Queen's pada 2014, itu melakukan serangan pada set kedua saat ia memimpin 3-0.

Alcaraz berjuang kembali untuk memimpin 4-3, namun Dimitrov menyamakan kedudukan 4-4.

Baca juga: Wimbledon 2023: Penantang serius bermunculan di sektor tunggal putra

Juara US Open itu memiliki kesempatan untuk melakukan servis ketika Dimitrov melakukan permainan yang penuh kesalahan.

Alcaraz mengambil keuntungan itu untuk menyiapkan pertandingan semifinal melawan Sebastian Korda, yang mengalahkan petenis nomor satu Inggris Cameron Norrie 6-4, 7-6 (7/1).

"Grigor adalah pemain yang sangat top di setiap permukaan, terlebih lagi di sini di rumput, dia merasakan bola dengan sangat baik," kata Alcaraz, seperti disiarkan AFP, Sabtu.

"Saya bermain sangat baik sejak awal. Dua pertandingan sebelumnya banyak membantu saya."

Sementara itu, unggulan kedua Holger Rune mengalahkan Lorenzo Musetti 6-4, 7-5 di perempat final.

Petenis peringkat enam dunia itu juga memasuki semifinal pertamanya di lapangan rumput.

"Dia bisa melakukan apa yang dia mau," ujar Rune.

"Maksud saya, itu bukan hal terbaik untuk dilakukan, tentu saja. Tapi sekali lagi, itu legal. Dia bisa memukul bola ke mana pun dia mau."

"Itu hanya memberi saya semangat untuk mengalahkannya lebih banyak lagi. Saya sangat senang bisa mengalahkannya dalam dua set."

Rune akan menghadapi Alex De Minaur di babak empat besar, setelah petenis Australia itu mengalahkan petenis Prancis Adrian Mannarino 6-4, 4-6, 6-4.

Baca juga: Wimbledon 2023: Deretan petenis tunggal putri yang patut diwaspadai
Baca juga: Venus Williams dapat wild card untuk tampil di Wimbledon

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023