Jakarta (ANTARA) - Pereli Ricardo Gelael tampil lebih cepat dari sang pemenang lomba Musa "Ijeck" Rajekshah pada leg 2 Kejurnas Reli Danau Toba atau KFC Danau Toba Rally 2023 di Aek Nauli Gorbus, Minggu.

Dengan mobil Citroen C3 R5 bersama co-driver Hugo Magalhaes Ismael, Ricardo membukukan catatan waktu 18 menit 48,7 detik di special stage (SS) sepanjang 24,12 km tersebut. Ricardo/Hugo lebih cepat 3,9 detik dari Ijeck.

Hasil tersebut sekaligus menebus permasalahan yang dialami pada hari pertama, kemarin, pada dua SS yang berlangsung. Ketika itu, trek dianggap terlalu licin akibat hujan deras pada malam sebelumnya sehingga harus dibatalkan oleh panitia.

"Hari ini mobil enak sekali. Walau hanya untuk satu SS, tapi kebetulan di SS yang saya sukai. Saya berterima kasih kepada tim yang telah memperbaiki mobil akibat kerusakan kemarin dan hari ini bisa digeber maksimal," kata Ricardo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hugo juga mengakui kecepatan Ricardo. "Dia sangat cepat hari ini, saya juga sedikit terkejut tapi yang menyenangkan," kata co-driver asal Portugal tersebut.

Baca juga: Ricardo Gelael perbaiki waktu saat shakedown di Reli Danau Toba 2023

Ricardo memang bukan yang tercepat di SS9 tersebut, dia hanya tercepat ketiga di bawah H. Rihans Variza (Ford) dan H. Rahmat (Hyundai).

Ijeck sendiri walau hanya menjadi yang tercepat keempat di SS9 tapi tak terkejar lagi untuk menjadi pemenang putaran pertama Kejurnas Reli 2023 di kampung halamannya sendiri. Penggeber Skoda bersama co-driver Hervian Sudjono ini menang atas H. Rahmat dan Bintang Barlean (Subaru).

"Saya tentu saja senang menjadi pemenang karena itu memang target saya. Namun yang terpenting lagi adalah KFC Danau Toba Rally 2023 ini berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Selamat untuk semua peserta dan sponsor yang mendukung," ujar Ijeck yang juga wakil Gubernur Sumatera Utara.

Putaran kedua Kejurnas Reli 2023 rencananya digelar pada 5-6 Agustus di Binuang, Kalimantan Selatan.

Hasil Akhir KFC Danau Toba Rally 2023
1. Musa Rajekshah/Hervian Sudjono (Skoda Fabia R5) 1:43:18.5
2. H. Rahmat/Hade Mboi (Hyundai i20 R5) 1:46:25.6
3. Bintang Barlean/Anondo Eko (Subaru WRX STi) 1:47:09.7

Baca juga: Sean Gelael kebagian tes mobil setelah laju ayahnya terhambat
Baca juga: Sean Gelael dukung ayah tampil maksimal di Reli Danau Toba 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023