Jakarta (ANTARA) - Keberadaan sanitasi yang layak menjadi kebutuhan dasar setiap orang, hal itu erat kaitannya dengan kualitas kesehatan anggota masyarakat. 

Melihat pentingnya sanitasi layak, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya PT Saka Farma Laboratories (Kalbe Consumer Health) membuka fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK) bagi masyarakat Kampung Paniis di Desa Tamanjaya, Sumur, Pandeglang-Banten.

“ini merupakan kesekian kalinya, Kalbe hadir memberikan manfaat bagi masyarakat Kampung Paniis. Melalui semangat keberlanjutan Bersama Sehatkan Bangsa Kalbe telah hadir bagi Kampung Paniis melalui mitigasi bencana, penanaman terumbu karang di sekitar Pulau Badul, pelatihan literasi keuangan hingga pembukaan MCK yang akan kita saksikan bersama,” ujar Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager, Abi Nisaka, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin. 

Pembangunan fasilitas MCK oleh Kalbe dilakukan sebagai respons atas terjadinya gempa bumi yang berpusat di Kecamatan Sumur, Januari 2022 lalu. Lebih lanjut, fasilitas MCK yang diprakarsai oleh Kalbe juga berkolaborasi dengan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), sebuah wadah pekerja sosial masyarakat di bawah Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Baca juga: Kalbe Farma sediakan akses air bersih di Wonogiri

“Kolaborasi yang baik antara Kalbe dan IPSM terjalin dalam mitigasi bencana dan peningkatan kesejahteraan sosial. Kami (IPSM) mendukung dan menyukseskan langkah baik ini, agar layanan kesehatan dapat terjangkau hingga lokasi terpencil,” jelas Dani Saimun, Ketua IPSM Provinsi Banten yang hadir mewakili Ketua Umum IPSM Nasional.

Julius Sudjijanto, Area Business Manager PT Enseval Putera Megatrading Tbk (Enseval) Cabang Tangerang menegaskan kebermanfaatan fasilitas MCK bagi masyarakat Kampung Paniis.

“Sebagai wilayah yang dilayani Enseval Cabang Tangerang, saya melihat program pembangunan MCK sebagai kesempatan yang sangat baik sebagai ajang meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup bersih dan sehat, khususnya di Kampung Paniis ini,” tambah Julius.

Rudy Santoso, Prinsipal Kalbe Consumer Health Cabang Tangerang menceritakan Kembali bagaimana fasilitas MCK dibangun.

“Saya ingat sekali bagaimana memprihatinkan fasilitas MCK saat luluh lantak akibat gempa beberapa waktu lalu. Kalbe bergerak cepat bersama IPSM membangun kembali fasilitas MCK di Kampung Paniis. Semoga dengan fasilitas MCK ini dapat membantu warga dalam meningkatkan kebersihan dirinya, selain itu juga mendukung aktivitas peribadahan di Masjid Al-Ikhlas,” jelas Rudy.

Baca juga: Bantuan Kalbe Farma di Cianjur terus mengalir untuk ringankan korban

Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Sosial turut menyambut baik pembukaan fasilitas MCK di Kampung Paniis.

“Bagi masyarakat yang hadir di kesempatan kali ini, saya sangat mengharapkan kesadaran bapak ibu untuk dapat merawat fasilitas MCK yang telah dibangun Kalbe dan IPSM. Sementara itu, saya mengapresiasi kerja keras Kalbe dan IPSM yang dengan tulus menyediakan fasilitas MCK ini,” ujar Drs. Atep Purnama, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang, mewakili Kepala Dinas Sosial.

Dalam kegiatan peresmian ini, turut diserahkan bantuan produk Kalbe secara simbolis oleh Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager Abi Nisaka kepada Sekretaris Dinas Sosial, Drs. Atep Purnama.

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al-Ikhlas Kampung Paniis, Sekiwan mengucapkan banyak terima kasih kepada Kalbe dan IPSM atas fasilitas MCK yang telah dibangun.

“Alhamdulilah, banyak terima kasih kami sampaikan kepada Kalbe dan IPSM atas terselesaikannya fasilitas MCK. Insya Allah, kami DKM Masjid Al-Ikhlas amanah untuk merawat dan menjaga fasilitas ini,” tutup Sekiwan.

Baca juga: Kalbe Farma kembangkan teknologi benang bedah produksi dalam negeri

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023