Jakarta (ANTARA) - PT Kalbe Farma Tbk melalui divisi Aesterion menghadirkan rangkaian produk mesoterapi untuk tujuan perawatan estetik, yang merupakan wujud kerja sama dengan Dermaqual dari Paris, Prancis.

"Wujud komitmen Kalbe untuk menyehatkan bangsa Indonesia salah satunya lewat produk estetik ini. Dermaqual yang hadir di Indonesia hari ini kita luncurkan dan semoga produk ini bisa hadir dan memberikan suatu hasil yang baik buat konsumen," kata Direktur PT Kalbe Farma Tbk Mulialie saat jumpa pers di Jakarta, Senin.

Mesoterapi merupakan teknik perawatan kecantikan dengan memasukkan bahan kimia aktif melalui metode injeksi yang minimal invasif. Dalam tindakan mesoterapi, dokter juga akan mengombinasikan beberapa produk aktif tersebut sesuai dengan kebutuhan pasien yang disebut dengan "cocktails".

Baca juga: Dokter: Penting jaga kebersihan kulit selama perawatan mesoterapi

Adapun produk mesoterapi Dermaqual yang hadir di Indonesia melalui Kalbe Farma terdiri dari 12 SKU (stock keeping unit) yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, memberikan efek bercahaya, anti-penuaan kulit, pembentukan tubuh (body contouring) dan penghancur lemak tubuh, hingga pertumbuhan rambut.

Dua belas produk itu antara lain Ascorbix20, GSH + C1000, DQ HA35, Mesoglow, EGF Genesis, Dermaeclat, Nefertiti Lift, Rejuveyes, Supreall, L-carnitine, DQ hair+, dan Disolvidase. Produk-produk ini hadir melalui klinik-klinik kecantikan yang penggunaannya sesuai dengan indikasi dari dokter estetik.

Mulialie mengatakan Kalbe Farma baru memasuki bisnis farmasi bidang estetika dalam lima tahun terakhir. Melalui divisi Aesterion, perusahaan mencoba untuk menangkap pasar untuk perawatan estetik yang menjadi tren gaya hidup masyarakat Indonesia.

Menurut Mulialie, Dermaqual merupakan mitra yang tepat dengan pengalaman di bidang estetik selama 20 tahun. Laboratorium yang berbasis di Paris itu mengembangkan solusi mesoterapi inovatif, yang diformulasi dengan cermat oleh para ilmuwan dan profesional di bidang estetik.

"Kalbe bersama dengan Dermaqual, perusahaan Prancis di Paris, berkomitmen untuk menghadirkan produk kecantikan yang berkualitas berdasarkan penelitian dan hasil evidence yang baik," kata dia.

Mulialie juga memastikan produk Dermaqual, termasuk teknik "cocktails-nya", juga telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai regulator.

"Produk ini sudah mendapatkan (izin), sepanjang penelitian maupun evaluasi dari BPOM, sehingga pada akhirnya bisa keluar izin edarnya untuk kami bawa ke Indonesia," kata dia.

Sementara itu, dokter spesialis kulit dan kelamin yang berfokus di bidang kecantikan dr. Dikky Prawiratama, M.Sc., Sp.KK mengatakan pihaknya sudah melakukan uji coba secara objektif untuk penggunaan produk Dermaqual terhadap pasien-pasiennya.

Menurut dia, rangkaian produk dari Dermaqual yang dihadirkan Kalbe Farma cukup lengkap untuk menjawab berbagai permasalahan kulit yang dialami pasien di Indonesia.

"Dermaqual ini sebagai salah satu treatment resmi di klinik saya dan pasien sebagian besar merasa sangat happy atas achievement yang bisa dicapai," kata Dikky yang juga merupakan key opinion leader Dermaqual di Indonesia.

Baca juga: Produk perawatan kulit makin berkembang, ini saran dokter

Baca juga: Perlu sistem "sandwich" pakai retinol saat kulit sangat kering

Baca juga: Perawatan yang teratur dan tepat kunci jaga kesehatan kulit

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023