Jakarta (ANTARA) - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meraih lima penghargaan dan tiga di antaranya adalah kategori platinum, dalam ajang Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) yang diadakan oleh PT Sucofindo.

Ketiga penghargaan platinum secara khusus diraih oleh pabrik Kalbe yang berada di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ketiga penghargaan Platinum yang diraih Kalbe adalah kategori Efisiensi Energi, Efisiensi Air, dan Inovasi Sosial yang merupakan kolaborasi Kalbe Corporate Sustainability dan Kalbe BO Cikarang. Penganugerahan penghargaan dilakukan di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah Kamis, 10 Agustus 2023.

Pharma Manufacturing and Quality Director Kalbe Sherly Septiana Harjo dalam keterangannya yang diterima Minggu mengutarakan, penghargaan yang didapatkan Kalbe menjadi bentuk pengakuan atas komitmen Kalbe dalam melakukan kegiatan produksi yang tetap memperhatikan lingkungan, terutama pada fasilitas manufaktur Kalbe di Cikarang.

“Kami mengimplementasikan penggunaan energi terbarukan dan mengurangi emisi gas rumah kaca maupun optimasi proses yang kami lakukan di pabrik dan seluruh jaringan Kalbe Group, bahkan untuk distribusi,” ujar Sherly.

Baca juga: Kalbe bagikan vitamin bagi masyarakat Jawa Tengah

Sherly menambahkan, proses produksi yang dilakukan Kalbe sangat memperhatikan dampak lingkungan yang dialami oleh wilayah sekitarnya.

Di samping penghargaan terhadap komitmen Kalbe sebagai perusahaan yang memperhatikan aspek lingkungan hidup, Kalbe juga mendapatkan penghargaan dalam bidang keberlanjutan, yaitu: peringkat platinum pada kategori Inovasi Sosial serta Local Hero inspiratif yang didapatkan Matheus Dwi Pramono, Ketua Paguyuban Tirta Asri yang merupakan binaan Kalbe di Wonogiri, Jawa Tengah.

Program keberlanjutan Kalbe yang mengangkat akses terhadap air bersih dan pengolahan sampah berbasis lingkungan di Desa Watuagung, Wonogiri menjadi wujud nyata Kalbe dalam penciptaan masyarakat yang tidak hanya sehat, namun juga lingkungan yang lebih baik.

“Sesuai dengan Komitmen Keberlanjutan Bersama Sehatkan Bangsa, Kalbe tidak hanya menyehatkan masyarakat sebagaimana inti bisnis kami, namun kami juga hendak memberikan manfaat bagi lingkungan yang lebih baik,” jelas Abi Nisaka, Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager.

Baca juga: Kalbe Farma hadirkan produk mesoterapi untuk perawatan estetik

Sebagai Local Hero Inspiratif, Matheus Dwi Pramono turut berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendorong Desa Watuagung yang semula kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, menjadi berlimpah dan mampu menghidupkan perekonomian.

“Terima kasih kepada berbagai pihak, utamanya Kalbe dalam mendampingi saya dan Paguyuban Tirta Asri agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tutup Matheus.

Baca juga: Kalbe raih penghargaan Platinum dan Gold ISRA 2023

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023