Jakarta (ANTARA) - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya, PT Millenia Dharma Insani (Klinik Mitrasana) memberikan pelayanan vaksin internasional yang terjangkau untuk masyarakat sebelum berpergian ke luar negeri. Layanan vaksin internasional ini sudah mencakup Sertifikat Vaksinasi International (ICV) atau kartu kuning untuk penerima vaksin.
 
"Vaksinasi sebelum melakukan perjalanan atau vaccine traveller merupakan salah satu persiapan yang penting untuk memberikan perlindungan kesehatan dari berbagai penyakit potensial, dan kebutuhan ini kami tangkap di Klinik Mitrasana,” ujar Ardiansyah selaku Direktur PT Millenia Dharma Insani dalam keterangan pers yang diterima, Kamis.
Vaksin Internasional biasanya direkomendasikan terutama bagi yang ingin berpergian ke negara yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tertentu. Vaksinasi juga menjadi prioritas utama untuk pelajar yang melakukan studi di luar negeri agar pelajar dapat terlindungi dari penyakit menular yang mungkin dapat mengganggu proses studi.
 
Selain wisatawan dan pelajar, calon Jemaah umroh juga disarankan menerima vaksin, yaitu vaksin meningitis.
 
“Pelajar yang sedang menempuh studinya di luar negeri, biasanya diwajibkan menerima beberapa jenis vaksin tertentu. Namun tentu saja vaksin yang perlu dilengkapi setiap negara bisa berbeda-beda. Kemudian untuk para wisatawan juga dapat menerima vaksin yellow fever yang diperuntukkan untuk melindungi dari demam kuning dan untuk calon Jemaah umroh disarankan menerima vaksin meningitis,” ungkap Ardiansyah.
 
Ardiansyah menambahkan, demam kuning merupakan penyakit endemik di beberapa negara Afrika dan Amerika Selatan sehingga wisatawan yang berpergian ke daerah tersebut diwajibkan menerima vaksin yellow fever dan memerlukan bukti berupa Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV).
 
Masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dan hendak menerima vaksin, direkomendasikan melakukan vaksin 1 bulan sebelum perjalanan. Untuk mereka yang hendak melakukan vaksinasi meningitis, sebaiknya dilakukan 14 hari sebelum keberangkatan.
 
Setelah melakukan vaksinasi secara lengkap, juga disarankan untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh 1 minggu sebelum keberangkatan.
 
“Harapannya layanan vaksin Internasional yang diberikan oleh Mitrasana, dapat mendorong masyarakat untuk peduli terhadap vaksinasi agar memiliki kekebalan terhadap penyakit yang dapat dicegah ketika mereka hendak ke luar negeri. Selain itu juga dapat meningkatkan keterjangakauan akan layanan vaksin internasional kepada mereka untuk sehatkan bangsa,” tambah Ardiansyah.
 
Klinik Mitrasana Green Pramuka City juga menyediakan layanan vaksin anak, dewasa, pemartial, dan lansia seperti : Vaksin Hepatitis A dan B, Vaksin Varicella (Cacar), Vaksin Influenza, Vaksin Tetanus, Vaksin Campak dan sebagainya yang ditangani langsung oleh para ahlinya.
 
Masyarakat juga dapat berkonsultasi dan berdiskusi dengan dokter di Klinik Mitrasana untuk mendapatkan layanan terbaik bagi dirinya beserta keluarga, tutup Ardiansyah.

Baca juga: Kalbe dukung penyediaan akses layanan kesehatan melalui KKN tematik 

Baca juga: BPOM beri izin edar obat anemia untuk pasien ginjal kronis dari Kalbe

Baca juga: Upaya Kalbe dukung masyarakat bebas rabies

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023