Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Selatan mengajak para seniman membuat karya sketsa HUT Ke-496 DKI Jakarta dalam kegiatan bertajuk "Jaksel Dalam Sketsa".

"Kami menampilkan 496 karya sketsa dari seluruh peserta selama kegiatan berlangsung," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Selatan Rus Suharto saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Rus menuturkan kegiatan yang diselenggarakan oleh Masyarakat Kesenian Jakarta (MKJ) ini berlangsung dua hari pada Jumat (24/6) dan Sabtu (25/6).

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) membantu memberikan fasilitas dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: Parekraf Jaksel tingkatkan potensi Desa Wisata Kedung Gede Jagakarsa

"Tujuannya untuk mengangkat nilai ekonomi karya seni yang proses pembuatannya bisa menjadi nilai jual dalam industri ekonomi kreatif," katanya.

"Jaksel Dalam Sketsa" ini memiliki tiga rangkaian acara seperti pembekalan materi sketsa yang terbagi empat kategori. Yakni pemandangan kota (city landscape), potret wajah, alam benda dan lukisan bernuansa China (chinese painting).

Usai pembekalan, nantinya sketsa juga dilombakan dalam tiga kategori, yakni pemandangan kota, potret wajah dan alam benda.

Nantinya para pemenang dari lomba ini mendapatkan sejumlah uang tunai dengan total Rp45 juta sesuai dengan kategorinya.

Baca juga: Pariwisata Jaksel gandeng komunitas ramaikan mal yang sepi pengunjung

Tak hanya dewasa, "Jaksel Dalam Sketsa" ini juga mengundang anak-anak untuk berkreasi melalui sketsa didampingi pembawa acara penyandang disabilitas sebagai bentuk kepedulian antar sesama.

"106 peserta ini berasal dari berbagai daerah mulai dari Bogor, Surabaya hingga Sumatera Selatan," katanya.

Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa narasumber seperti Toto Bs, Elvin Emeraldo dan Sisca Wungu yang memberikan materi berupa ilmu-ilmu serta teknik dalam pembuatan sketsa.

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Selatan berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan untuk mengangkat karya seniman yang ada di wilayah tersebut.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023