Di Hari Raya Idul Adha ini, mari kita saling memaafkan
Suka Makmue (ANTARA) - Ribuan masyarakat Muslim pengikut Thariqat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, hari ini (27/6) telah melaksanakan Shalat Ied dan merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Shalat tersebut dipusatkan di Kompleks Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, dengan imam Shalat Ied  Abu H Said Kamaruddin dan khatib Teuku Raja Keumangan yang juga Wakil Ketua DPR Aceh.

“Di Hari Raya Idul Adha ini, mari kita saling memaafkan,” kata Teuku Raja Keumangan dalam khutbahnya.

Menurutnya, Hari Raya Idul Adha merupakan hari raya umat Islam yang menyimpan berbagai peristiwa dan kemudian diabadikan dalam sebuah ritual ibadah kurban.

Baca juga: Menag: Kolaborasi bangun bangsa jadi semangat ibadah kurban tahun ini

Teuku Raja Keumangan mengatakan dua ibadah yang sangat identik dengan Hari Raya Idul Adha adalah ibadah kurban dan ibadah haji.

Menurutnya, dua ibadah ini ibadah itu mengandung nilai keteguhan dan keimanan, serta menjadi bukti pengorbanan yang didasari dengan penuh keikhlasan dan kesabaran guna menjalankan perintah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Ia mengharapkan kepada seluruh jamaah yang hadir agar dapat memaknai Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah dengan saling memaafkan.

Teuku Raja Keumangan mengharapkan agar umat Muslim dapat menjadikan Hari Raya Idul Adha sebagai momentum untuk memperbaiki diri.

Kemudian meningkatkan keimanan dan ibadah sesuai perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala serta berpedoman teguh kepada Al Quran serta hadis shahih, dan perintah Nabi Muhammad Shallahu Ailaih Wassallam.

Baca juga: Muhammadiyah Medan tetapkan sejumlah lokasi Shalat Idul Adha besok
Baca juga: Menag akan kaji wacana libur Idul Adha dua hari

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023