Bagi siapa saat ini yang mampu berkurban, turut berkurban maka segerakanlah karena masih ada tiga hari ke depan sebagai Hari Tasrik, Insya Allah akan mendapat ganti lebih besar dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala...
Makassar (ANTARA) - Ratusan warga memadati sejumlah masjid untuk menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Dari pantauan di Masjid Ridha Muhamadiyah, Jalan Tamalate, Kecamatan Rappocini, jamaah terlihat meluber di badan jalan raya dengan menggelar karpet serta sajadah untuk persiapan shalat dan mendengarkan ceramah agama.

Ustadz Mukdar Boli yang bertindak sebagai khatib menyampaikan ceramah tentang makna dari Hari Raya Idul Adha serta pahala yang diterima bagi orang yang berkurban.

"Kurban adalah ibadah yang dikerjakan dengan menyembelih hewan seperti unta, sapi, dan kambing atau domba, sebagai salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala," tuturnya.

Baca juga: Khatib: Kurban adalah amal sosial bukan sekadar ibadah ritual

Selain itu, kata dia,  berkurban adalah bentuk pengabdian dan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah. Sebagaimana Allah berfirman, "Laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Lailahailllahu Allahu Akbar."

Ia menjelaskan dalam Al Quran, Allah telah memerintahkan Nabi Ibrahim Alaihissalam untuk mengurbankan putranya Ismail Alaihissalam, dalam bentuk pengabdian dan kepatuhan. Namun Allah mengganti Nabi Ismail Alaihissalam dengan domba sebagai kurban.

Kisah ini menggambarkan bahwa ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah dan menegaskan pentingnya kurban sebagai ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Selain itu ibadah kurban mengajarkan makna penting serta hal terbaik untuk kepentingan umat manusia, menghormati nilai-nilai kasih sayang dan belas kasih.

Baca juga: Muhammadiyah Papua: Berkurban bangkitkan empati dan nilai kebaikan

Ibadah kurban, papar Ustadz Mukdar, merupakan bentuk solidaritas Islam yang kuat. Apabila seseorang berkurban tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi berbagi dengan mereka yang kurang beruntung, termasuk fakir miskin, anak yatim, dan kaum termarjinalkan.

"Bagi siapa saat ini yang mampu berkurban, turut berkurban maka segerakanlah karena masih ada tiga hari ke depan sebagai Hari Tasrik, Insya Allah akan mendapat ganti lebih besar dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, bukankah rezeki datang dari Allah, lalu mengapa kita berpikir, padahal semua dianugerahkan kepada kita," tuturnya.

Selain di Masjid Ridha, pelaksanaan Shalat Id Idul Adha juga digelar di Anjungan City Pantai Losari, Kampus Universitas Muhammadiyah, Lapangan Awwalul Islam Muhammadiyah, Masjid Baiturrahman Panaikang, Kompleks Perumahan Asoka, dan beberapa masjid lainnya di Kota Makassar.

Baca juga: Masjid Jami Tebet Timur bagikan 1.800 kantung daging kurban hari ini
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023