Kendari (ANTARA) - Masyarakat Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memadati pelataran Gedung E Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi, Rabu.

Masyarakat yang melaksanakan Shalat Idul Adha hari ini tersebut menggunakan metode hisab (menghitung) dalam menetapkan 1 Zulhijah yang jatuh pada tanggal 19 Juni 2023, sehingga meyakini 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari ini, Rabu (28/6). Metode tersebut berbeda dengan yang digunakan oleh Pemerintah Indonesia yang menetapkan 1 Zulhijah 1444 H dengan metode rukyat (melihat) sehingga terjadi perbedaan. Kementerian Agama (Kemenag) republik Indonesia (RI) menetapkan Idul Adha tahun ini jatuh pada 29 Juni 2023.

“Sekarang kita bisa mudah sekali untuk Shalat Dzuhur dan segala macam tanpa harus melihat matahari,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Baca juga: Potret Timur Tengah: Menengok umat Islam bersiap sambut Idul Adha

Baca juga: Wapres: Rayakan Idul Adha dengan kesederhanaan dan rasa syukur


Sementara itu, pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 H/2023 M di Pelataran Gedung UM Kendari tersebut berlangsung lancar dan yang menjadi khatib Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh dengan membawakan khutbah Idul Adha yang berjudul “Bingkai Moral dan Sosial Ibadah Qurban dalam Kehidupan”.

Mengawali khutbahnya, ARS mengajak para jemaah untuk bertakbir dan menyampaikan  tidak ada perbedaan yang harus diperdebatkan, yang penting semua Islam dan menjalankan ibadah Shalat Idul Adha dengan khidmat.

“Tidak ada perbedaan, yang penting tetap istiqamah. Kita harus menjaga ikatan sosial yang baik, harus ada ikatan yang baik. Momentum Idul Adha ini adalah momentum yang terbaik,” kata Abdurrahman Shaleh.

Tak hanya di pelataran UM Kendari, beberapa lokasi juga menjadi area salat Idul Adha di Kota Kendari pada tanggal 28 Juni 2023, antara lain di Masjid Ummusshabri, Kompleks Pesantren Ummusshari Kendari, di Masjid Nurul Khair Anduonohu, di Masjid Al-Mu’min Benubenua dan di Masjid Hj. Ratna Abubaeda Poasia*

Baca juga: Ribuan warga Muhammadiyah Aceh Shalat Idul Adha di kampus Unmuha

Baca juga: Ribuan warga Muhammadiyah Sumenep shalat id di Lapangan Bakorwil


Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023